TOPIK TERPOPULER
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton melaju bersama mobilnya dan jadi yang tercepat saat melakoni sesi latihan bebas kedua (Free Practice 2/FP2) GP Spanyol 2018 di Sirkuit Catalunya pada Jumat (11/5/2018).
twitter.com/f1
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton melaju bersama mobilnya dan jadi yang tercepat saat melakoni sesi latihan bebas kedua (Free Practice 2/FP2) GP Spanyol 2018 di Sirkuit Catalunya pada Jumat (11/5/2018).

Pole Position Balapan GP Spanyol Diraih Lewis Hamilton

JUARA.NET - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, sukses memastikan pole position atau posisi start terdepan untuk balapan GP Spanyol di Circuit de Catalunya.

Pada sesi kualifikasi ketiga (Q3) yang berlangsung pada Sabtu (12/5/2018), Hamilton berhasil menorehkan waktu putaran tercepat 1 menit 16,173 detik.

Pria asal Inggris itu mengungguli rekan setimnya, Valtteri Bottas, serta pebalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel.

Adapun rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, hanya menempati posisi start keempat.

Jalannya sesi kualifikasi

Pada 18 menit sesi kualifikasi pertama (Q1), lima pebalap yang tak lolos adalah Nico Hulkenburg (Renault), Marcus Ericsson (Sauber), Sergey Sirotkin (Williams), dan Lance Stroll (Williams), dan Brendon Hartley (Toro Rosso).

Hartley sudah dipastikan tak mengikuti sesi Q1 karena mobilnya rusak para setelah mengalami kecelakaan pada latihan ketiga GP Spanyol.

Sesi Q1 pada dipimpin oleh Vettel. Pebalap asal Jerman itu berhasil menorehkan waktu putaran tercepat 1 menit 17,031 detik.

Memasuki sesi kualifikasi kedua (Q2), Hamilton sempat memimpin dengan catatan waktu 1 menit 17,1 detik dengan menggunakan ban soft.

Akan tetapi, keunggulan Hamilton tidak bertahan lama. Selang satu menit kemudian, Vettel lagi-lagi memimpin dengan torehan 1 menit 16,802 detik.

Lima pebalap yang tereliminasi pada sesi Q2 yakni Stoffel Vandoorne (McLaren), Pierre Gasly (Toro Rosso), Esteban Ocon (Force India), Charles Leclerc (Sauber), dan Sergio Perez (Force India).

Kualifikasi semakin seru dan menarik saat memasuki sesi ketiga (Q3) yang hanya diikuti 10 pebalap, di antaranya Vettel, Raikkonen, Bottas, Hamilton, Max Verstappen, Daniel Riciardo, dan Fernando Alonso.

Ricciardo sempat mengawali sesi ini dengan waktu putaran 1 menit 16,858 detik. Catatan itu kemudian dipatahkan Verstappen yang lebih cepat 0,042 detik.

Namun tak lama kemudian, Hamilton sukses menorehkan 1 menit 16,491 detik. Secara berurutan, posisi tiga besar pun ditempati oleh Hamilton, Verstappen, dan Ricciardo.

Jelang berakhirnya sesi Q3, terjadi perubahan di posisi kedua dan ketiga yang akhirnya didapatkan oleh Bottas dan Vettel.

Sementara itu, Hamilton semakin tak terbendung karena berhasil menajamkan catatan waktunya menjadi 1 menit 16,173 detik.

Berikut ini hasil sesi kualifikasi GP Spanyol:

TOPIK :

Video Pilihan

Komentar