Charles Leclerc Menangi Feature Race F2 Tanpa Komunikasi Radio

By Arief Kurniawan - Minggu, 14 Mei 2017 | 00:28 WIB
Charles Leclerc, seusai memenangi Feature Race di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Sabtu (13/5).
FIA Formula 2
Charles Leclerc, seusai memenangi Feature Race di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Sabtu (13/5).

Pebalap Monako Charles Leclerc kembali menegaskan statusnya sebagai favorit juara Formula 2 musim ini. Pada seri kedua F2 di Barcelona, Spanyol, Leclerc memenangi race 1 (Feature Race) hari Sabtu (13/5). 

Pebalap Ferrari Academy ini start dari pole position dan berhasil mempertahankan posisi terdepan itu hingga dia masuk pit stop untuk ganti ban. Pada balapan ini beberapa pebalap memilih strategi berbeda dalam penggunaan ban, ada yang memulai dengan ban soft dan ada pula yang hard. Leclerc sendiri memilih ban soft.

Pilihan itu ternyata menguntungkan pebalap berusia 19 tahun ini dari dua sisi. Pertama dia bisa langsung cepat sejak start dan kedua, ketika ada Safety Car (SC) masuk menyusul insiden mobil terhenti di Tikungan 7 yang dialami Sergio Canamasas pada lap 10. Awalnya hanya diberlakukan Virtual Safety Car, namun karena mobil itu terdampar di tengah trek Race Director pun memastikan perlu ada SC.

Karena Leclerc sudah masuk pit untuk mengganti ban, para pebalap yang belum masuk pit tentu saja dirugikan mengingat jarak antara mereka dengan Leclerc yang waktu ada di posisi 12 bukannya jauh malah dekat. Semua gara-gara kecepatan mobil dikurangi lantaran dinetralisir oleh keberadaan SC.

Oliver Rowland adalah salah satu pebalap yang dirugikan. Pebalap Inggris ini memilih strategi pemakaian ban hard di depan, lalu menggantinya dengan ban soft di bagian akhir lomba. "Jelas sekali SC merugikan saya. Tanpa SC rasanya saya punya kecepatan untuk memenangi balapan ini," ujar Rowland yang mesti puas finis di posisi tiga.

Leclerc sendiri bukannya tanpa masalah selama balapan. Dia mengakui tak tahu perkembangan lomba dan di mana posisi lawan-lawannya. "Saya mengalami kesulitan berkomunikasi karena radio mati. Akhirnya saya terus saja tampil agresif tanpa memedulikan hal-hal lain," katanya ketika diwawancarai mantan juara GP2 Series Davide Valsecchi di podium.

Agresivitas Leclerc memang terlihat selepas ganti ban. Dia terus beranjak dari posisi 12 hingga posisi 3. Pada lap 28 Artem Markelov masuk pit dan Leclerc naik ke posisi dua. Dan akhirnya Leclerc ada di posisi pertama ketika Rowland yang sedang memimpin lomba mesti melakukan pit stop di lap 30. Tujuh lap tersisa pun tak disia-siakan Leclerc untuk memenangi balapannya yang kedua di musim ini sekaligus memperlebar jarak poin di klasemen pebalap.

Pebalap Indonesia, Sean Gelael, finis di posisi 16 dengan strategi penggunaan ban hard, lalu soft.

Race 2 (Sprint Race) digelar hari Minggu (14/5).

Hasil Feature Race
1. Charles Leclerc (Prema Racing) 1:02:33.684
2. Luca Ghiotto (RUSSIAN TIME) +3.730
3. Oliver Rowland (DAMS) +11.146
4. Nobuharu Matsushita (ART Grand Prix) +14.103
5. Alexander Albon (ART Grand Prix) +17.319
6. Nicholas Latifi (DAMS) +23.879
7. Gustav Malja (Racing Engineering) +24.779
8. Artem Markelov (RUSSIAN TIME) +25.403
9. Jordan King (MP Motorsport) +30.967
10. Ralph Boschung (Campos Racing) +38.201


Editor :
Sumber : FIA Formula 2


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.