Mengapa Marquez Begitu Jago Saat Balapan Flag-to-Flag?

By Pipit Puspita Rini - Rabu, 9 Agustus 2017 | 16:37 WIB
Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez (kiri), berdiskusi dengan kepala kru timnya, Santi Hernandez, pada GP Ceska yang berlangsung di Sirkuit Brno, 4-6 Agustus.
MOTOGP.COM
Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez (kiri), berdiskusi dengan kepala kru timnya, Santi Hernandez, pada GP Ceska yang berlangsung di Sirkuit Brno, 4-6 Agustus.

Pada musim perdananya di MotoGP, Marc Marquez (Repsol Honda Team), didiskualifikasi saat menjalani balapan GP Australia 2013 di Sirkuit Philip Island.

Ketika itu, MotoGP masih memakai ban Bridgestone (sekarang Michelin). Ban Bridgstone tidak bisa beradaptasi sempurna dengan aspal baru Sirkuit Phillip Island.

Demi keselamatan para pebalap, balapan yang semula dijadwalkan 27 putaran, dikurangi menjadi 19 lap. Selain itu, pebalap harus menjalani balapan flag-to-flag (berganti motor).

Mereka wajib masuk pit dan berganti motor dengan ban baru setelah menyelesaikan sembilan atau 10 putaran.

Marquez yang berada di grup paling depan masuk pit setelah lap ke-11. Hasilnya, bendera hitam berkibar disertai papan bernomor 93, tanda dia didiskualifikasi dari balapan.

"Kami belajar banyak dari GP Australia 2013 dan yang paling penting adalah tidak mengulangi kesalahan yang sama," kata Marquez seperti dikutip JUARA dari Motorsport.

"Kuncinya adalah memiliki orang-orang yang kamu percaya di sisimu," ujar pebalap 24 tahun tersebut.

Marquez dan timnya benar-benar belajar dari pengalaman. Dari enam balapan flag-to-flag setelah itu, dia menenagi lima di antaranya.

Baca juga:

Lima balapan tersebut adalah GP Belanda 2014, GP San Marino 2015, GP Argentina 2016, GP Jerman 2016, dan GP Ceska 2017.

Dia gagal juara pada GP Aragon 2014. Marquez sempat terjatuh saat balapan dan akhirnya finis di urutan ke-13.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : Motorsport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.