Raih Gelar MotoGP 2017, Marquez Kini Jadi Pebalap Termuda dengan 6 Titel Juara Dunia

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 12 November 2017 | 23:02 WIB
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, melakukan selebrasi setelah memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2017 pada GP Valencia yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Cheste, Valencia, Spanyol, Minggu (12/11/2017).
PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP PHOTO
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, melakukan selebrasi setelah memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2017 pada GP Valencia yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Cheste, Valencia, Spanyol, Minggu (12/11/2017).

 Keberhasilan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, merengkuh gelar MotoGP 2017 tak cuma sekadar menambah koleksi titel kelas premiernya menjadi empat, lebih dari itu, Marquez kini juga menjadi pebalap termuda dengan enam titel juara dunia.

Sebelumnya, status pebalap termuda dengan enam titel juara dunia balap motor ialah Geoff Duke (Inggris).

Duke memiliki enam gelar juara dunia pada usia 32 tahun setelah menjuarai musim balap 500cc (sekarang MotoGP) 1955.

Catatan usia Duke tersebut lebih tua delapan tahun dari umur Marquez saat ini.

Ketika menyelesaikan balapan terakhir musim balap MotoGP 2017 pada GP Valencia, Minggu (12/11/2017), usia Marquez baru 24 tahun.

Sejarah mencatat, ada tiga pebalap yang memiliki enam gelar juara dunia.

Selain Marquez dan Duke, ada pebalap asal Rhodesia (sekarang Zimbabwe), Jim Redman, yang juga mengoleksi enam titel juara dunia.

Redman berhasil meraih gelar juara dunia keenamnya pada usia 34 tahun atau 10 tahun lebih tua daripada Marquez sekarang.

Marquez resmi menjadi juara dunia MotoGP untuk kali keempat (keenam secara keseluruhan pada semua kelas balap) setelah menyelesaikan balapan di Valencia di posisi ketiga.

Melalui tambahan 16 poin, Marquez pun mengunci gelar juara dunia MotoGP 2017 dengan total 298 poin.

Dia unggul 37 poin atas rival terdekatnya, Andrea Dovizioso (Ducati), yang gagal mendulang satu poin karena terjatuh tujuh lap jelang balapan MotoGP Valencia tuntas.

 


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.