Kaleidoskop 2017 - Selain Marquez, Ini Pebalap yang Naik Podium Pertama pada Balapan MotoGP 2017

By Delia Mustikasari - Minggu, 31 Desember 2017 | 13:34 WIB
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, memimpin jalannya balapan pada MotoGP Qatar 2017 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Doha, Minggu (26/3/2017).
KARIM JAAFAR/AFP PHOTO
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, memimpin jalannya balapan pada MotoGP Qatar 2017 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Doha, Minggu (26/3/2017).

Podium pertama MotoGP 2017 masih diisi oleh pebalap asal Italia dan Spanyol.

Dari 18 seri balapan yang digelar, Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati) menjadi pebalap yang paling banyak naik podium kampiun. Masing-masing memenangi 6 balapan.

Kedua rider ini bahkan terlibat persaingan untuk merengkuh titel juara dunia hingga seri terakhir balapan GP Valencia, 10-12 November.

Marquez akhirnya meraih gelar juara dunia keempatnya dengan koleksi 298 poin, unggul 37 angka atas Dovizioso.

Selain Marquez, Maverick Vinales (Movistar Yamaha) berada di peringkat kedua dalam perolehan gelar seri balapan dengan tiga kali naik podium pertama, diikuti Dani Pedrosa (dua podium juara).

Selain itu, kehadiran Johann Zarco dan Jonas Folger (Monster Yamaha Tech3) yang memulai debut MotoGP pada tahun ini membuat persaingan kelas premier ini semakin ketat.

Meskipun belum menjadi juara, Zarco dan Folger sempat mencuri perhatian setelah naik podium pada GP Prancis dan GP Jerman.

Zarco menduduki podium kedua GP Jerman setelah kalah dari Vinales yang keluar sebagai pemenang.

Folger juga berada di podium kedua setelah mengakui keunggulan Marquez.

Berikut 5 pebalap yang naik podium pertama pada seri balapan MotoGP sepanjang musim 2017.

1. Maverick Vinales

Ekspresi Maverick Vinales setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi dan meraih pole position di seri MotoGP Aragon, Sabtu (23/9/2017).
YAMAH MOTOGP

Maverick Vinales Ruiz merupakan pebalap asal Spanyol berusia 22 tahun. MotoGP 2017 merupakan musim keduanya berlaga di kelas premier dan musim perdana bersama Movistar Yamaha.

Musim lalu, dia masih berseragam Suzuki dan menjadi salah satu dari sembilan pemenang balapan MotoGP 2016.

Saat hijrah ke Yamaha, Vinales memulai MotoGP 2017 dengan meyakinkan setelah memenangi GP Qatar dan GP Argentina.

Dua balapan ini merupakan seri pembuka MotoGP 2017. Vinales menambah koleksi kemenangannya tahun ini dengan menjuarai GP Prancis.

(Baca juga: Novak Djokovic Pilih Mundur dari Qatar Open)

Setelah itu, dia tidak pernah lagi naik podium kampiun. Vinales finis kedua pada GP Italia dan GP Inggris.

Selanjutnya dia berada di podium ketiga pada GP Republik Ceska dan GP Australia

Keinginannya untuk mengakhiri debut bersama Yamaha dengan menjadi juara dunia kandas karena performanya menurun hingga pengujung 2017.

Vinales menutup musim ini dengan berada di peringkat ketiga klasemen akhir dengan catatan 230 poin. Dia kalah dari para Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati).

2. Dani Pedrosa

Pebalap tim Repsol Honda, Dani Pedrosa merayakan keberhasilannya finis di posisi kedua pada balapan MotoGP Aragon (24/9/2017).
TWITTER.COM/26_DANIPEDROSA

Daniel Pedrosa masih menjadi pebalap yang diperhitungkan dalam persaingan MotoGP 2017.

Pebalap Spanyol berusia 32 tahun ini menandai musim ke-12 di kelas premier bersama Honda dengan menjuarai GP Spanyol dan GP Valencia.

Rekan satu tim Marquez ini tercatat tujuh kali naik podium di luar posisi sebagai pemenang. Dia naik podium ketiga pada GP Amerika Serikat, GP Prancis, GP Catalunya, GP Jerman, dan GP Austria.

Selain itu, dia menduduki peringkat kedua pada balapan GP Aragon.

Pedrosa menyelesaikan musim 2017 dengan menempati posisi keempat setelah mengumpulkan 210 poin.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.