Mantan Kepala Kru Tim MotoGP Bandingkan Kemampuan Valentino Rossi dan Mick Dohan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 14 Januari 2018 | 14:25 WIB
Valentino Rossi dan Jurnalis Sky Sport, Guido Meda.
MOTORINEWS24.COM
Valentino Rossi dan Jurnalis Sky Sport, Guido Meda.

Salah satu kepala kru kawakan, Jeremy Burgess (Australia) menjelaskan pendapatnya mengenai dua mantan pebalap yang pernah ditanganinya, Valentino Rossi (Italia) dan Mick Doohan (Australia).

Di saat pebalap MotoGP dihebohkan oleh metode kerja Marc Marquez (Spanyol) yang tampil maksimal untuk mencari batas potensi motornya, Burgess punya pendapat tersendiri mengenai hal itu.

"Batas pasti dari motornya adalah jatuh. Kalau Anda hampir jatuh, Anda lamban. Kami harus mendekati batas itu tanpa melampauinya," kata Burgess dikutip JUARA dari situs resmi MotoGP.

Menurutnya, seorang pebalap dinilai kecakapannya dari kecerdasannya untuk menyadari apa yang harus dilakukan demi memaksimalkan motornya.

(Baca Juga: Dibanding Valentino Rossi, Danilo Petrucci Lebih Senang Jika Mampu Mengalahkan Marc Marquez)

"Vale dan Mick sangat bagus dalam hal ini karena mereka tahu pasti apa yang harus dibutuhkan untuk membuat waktu putaran yang cukup untuk keseluruhan balapan," ujar Burgess.

Selain itu, kualitas pebalap untuk tampil konsisten (tidak lambat, tapi juga tidak terlalu agresif) di setiap putaran juga menentukan kualitasnya.

Menurutnya, jika pebalap mampu menjaga rentang waktu putarannya di bawah 0,2 detik, pebalap itu telah berhasil mempertahankan konsentrasinya dengan baik.

(Baca Juga: Jorge Lorenzo: Saya Telah Menjadi Pebalap yang Lebih Baik Dibandingkan Saat bersama Yamaha)

"Pebalap seperti Valentino, Mick, Wayne Rainey, Eddie Lawson, Giacomo Agostini atau siapa pun, mereka semua paham kalau itu semua soal tekanan yang konstan, tanpa menjadi lambat atau melebihi batas gripnya."


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : MotoGP.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.