TOPIK TERPOPULER
Pebalap tim Yamaha Tech3, Johann Zarco, berhasil merebut pole position MotoGP Prancis, Sabtu (19/5/2018).
DOK. MOTOGP
Pebalap tim Yamaha Tech3, Johann Zarco, berhasil merebut pole position MotoGP Prancis, Sabtu (19/5/2018).

Penyebab Yamaha Puasa Kemenangan pada Balapan MotoGP

JUARA.NET - Kepala Kru Johann Zarco, Guy Coulon, angkat bicara soal puasa kemenangan yang dialami Yamaha selama hampir setahun terakhir.

Seperti diketahui, Yamaha sudah tidak merasakan kemenangan dalam 17 seri balap MotoGP terakhir.

MotoGP Belanda tahun 2017 tercatat menjadi kali terakhir pabrikan asal Iwata, Jepang, itu bisa memenangkan balapan.

Sedangkan pada musim ini, empat pebalap Yamaha (Valentino Rossi, Maverick Vinales, Johann Zarco, dan Hafizh Syahrin) sudah menyumbangkan tujuh kali posisi podium.

Mengenai puasa kemenangan (nyaris) satu tahun yang dialami Yamaha, Guy Coulon mengatakan jika Yamaha M1 sebenarnya adalah motor yang bagus.

Baca juga: Marc Marquez Sebut Assen Bisa Jadi Momentum Kebangkitan Yamaha

"Kami memiliki motor yang bagus. Yamaha tidak benar-benar memiliki titik lemah, tetapi hanya kehilangan poin untuk menang," kata Guy Coulon dikutip BolaSport.com dari Paddock-GP.

Jika melihat statistik, sejak gelaran GP Belanda 2017 ajang MotoGP dapat dikatakan dikuasai oleh dua pabrikan, yakni Honda dan Ducati.

Hal ini membuktikan jika level motor Yamaha M1 sebenarnya masih di bawah Honda RC213V dan Desmosedici milik Ducati.

"Ini (Yamaha) adalah motor yang tidak terlalu rumit dan tidak memiliki cacat besar. Tetapi mungkin saat ini kami tidak memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk menang dengan mudah," ujar Guy Coulon.

Meksi belum memenangkan balapan, tiga pebalap Yamaha masih mampu bertengger di peringkat dua, tiga, dan empat klasemen sementara kejuaraan dunia pebalap MotoGP 2018.

Valentino Rossi saat ini berada di peringkat kedua dan diikuti secara berturut-turut oleh Maverick Vinales dan Johann Zarco di bawahnya.

Baca juga: Bos Ducati Enggan Larut Meratapi Kepergian Jorge Lorenzo ke Repsol Honda

Sementara itu, seri balap MotoGP 2018 berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda, yang selama ini dinilai lebih bersahabat bagi Yamaha.

Meski demikian, tidak ada jaminan Yamaha bisa menang di Assen jika merujuk pada balapan GP Prancis di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Prancis.

Pada balapan di Prancis kemarin, Marc Marquez yang selama ini kesulitan saat balapan di Le Mans justru mampu memenangkan balapan.

Sedangkan Valentino Rossi hanya mampu finis di urutan ketiga di belakang Marc Marquez dan Danilo Petrucci pada saat MotoGP Prancis 2018 berlangsung.

TOPIK :

Video Pilihan

Komentar