Kawasaki: MotoGP Terlalu Mahal!

By Tulus Muliawan - Jumat, 4 Desember 2015 | 21:25 WIB
Pebalap Kawasaki,  Florian Marino, tampil pada latihan bebas GP Inggris pada pentas Superbike 2014 di Sirkuit Donington Park, 23 Mei 2014.
MIRCO LAZARRI GP/GETTY IMAGES
Pebalap Kawasaki, Florian Marino, tampil pada latihan bebas GP Inggris pada pentas Superbike 2014 di Sirkuit Donington Park, 23 Mei 2014.

Kawasaki menyatakan tidak mungkin akan kembali bersaing di pentas MotoGP dalam waktu dekat. Alasan utamanya adalah modal kompetisi yang sangat besar.

Pabrikan asal Jepang itu sempat menghiasi MotoGP sejak 2003. Namun, krisis mulai melanda Kawasaki pada 2008. Mereka terpaksa hanya menggunakan satu pebalap pada 2009 sebelum akhirnya mundur. Sejak itu, mereka memilih fokus ke Superbike.

Dalam wawancara dengan Riders Mag, bos Kawasaki, Ichiro Yoda, disinggung mengenai keinginan kembali ke MotoGP mengingat Aprilia dan Suzuki yang sempat mundur dari MotoGP kini telah kembali.

"Investasi yang dibutuhkan ke MotoGP tidak memungkinkan kami untuk ikut berkompetisi. Tujuan dari semuanya adalah bahwa kamu harus menjual motor-motor, dan tim lain menjual beberapa juta lebih banyak dari kami. Bagi mereka, MotoGP adalah investasi yang setara dengan satu persen dari penjualan mereka," kata Yoda.

Menurut Yoda, aturan ketat yang berlaku di MotoGP saat ini seperti pintu yang tertutup bagi Kawasaki. "Jika kami kembali ke MotoGP, beberapa hal harus berubah. Saat ini, peraturan yang ada sangat ketat," ujar Yoda.

Menurut Yoda, ada sejumlah peraturan di MotoGP yang bisa diterapkan pada pabrikan lain, tetapi tidak dengan Kawasaki.

"Salah satunya adalah dengan seamless shift gearbox, sesuatu yang tidak akan pernah kami pakai di motor jalanan (untuk umum) kami. Itu terlalu mahal, dan tidak sepadan buat kami," kata Yoda.

"Jika Dorna bisa mengubah filosofi dan membuat peraturan lebih terbuka, mengizinkan semua pabrikan melakukan eksperimen bebas, mungkin kami bisa kembali ke MotoGP. Untuk saat ini, kami hanya ingin fokus ke Superbike," kata Yoda.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : Motorsport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.