Juara GP Jepang, Marquez Kunci Gelar Juara Dunia

By Delia Mustikasari - Minggu, 16 Oktober 2016 | 12:52 WIB
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berpose setelah menyelesaikan sesi kualifikasi GP Jepang yang berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi, Sabtu (15/10/2016).
TOSHIFUMI KITAMURA/AFP
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berpose setelah menyelesaikan sesi kualifikasi GP Jepang yang berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi, Sabtu (15/10/2016).

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengunci gelar Juara Dunia 2016 setelah finis di urutan pertama pada GP Jepang yang berlangsung di Twin Ring Motegi, Minggu (16/10/2016).

Bagi Marquez, ini merupakan gelar juara dunia ketiganya di kelas MotoGP setelah 2013 dan 2014.

Secara keseluruhan, gelar juara dunia tahun ini merupakan yang kelima bagi Marquez dengan perincian tiga gelar di kelas MotoGP, 1 titel di kelas Moto2, dan satu gelar di kelas 125cc.

Pemegang pole position, Valentino Rossi (Movistar Yamaha) mengawali balapan dengan kurang baik setelah rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, berhasil memimpin di tikungan 1.

Rossi kemudian bersaing keras dengan Marquez untuk memperebutkan posisi kedua. Persaingan keduanya terjadi hingga memasuki akhir lap pertama.

Pebalap yang terjatuh pada sesi ini adalah Eugene Laverty (Aspar) yang terjatuh di tikungan 9, lap ke-3. Dia tidak mengalami cedera.

Pada lap ke-4, tikungan 9, Marquez berhasil melewati Lorenzo untuk menempati posisi pertama. Susunan pebalap terdepan menjadi Marquez, Lorenzo. Rossi, Aleix Espargaro (Suzuki Ecstar) dan Andrea Dovizioso (Ducati).

Marquez kemudian membuat putaran terbaik pada lap ke-5 dengan 1 menit 45,377 detik.

Perubahan posisi kembali terjadi setelah Rossi menggeser Lorenzo untuk menempati urutan kedua pada lap ke-6.

Namun, posisi tersebut tidak bertahan lama setelah Rossi terjatuh di tikungan ke-10 lap ke-7. Akibatnya, dia terlempar dari posisi kedua. Dia kembali ke lintasan pada posisi ke-20.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X