Menanti Tim Pabrikan Lain Naik Podium Setelah Honda, Yamaha, dan Ducati

By Sabtu, 10 Juni 2017 | 20:53 WIB
Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, dan Marc Marquez di gedung opera jelang GP Catalunya.
@MOTOGP/INSTAGRAM
Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, dan Marc Marquez di gedung opera jelang GP Catalunya.

Tidak ada yang menyangka tercipta skenario hebat ini. Pada tiga balapan terakhir, tiga tim papan atas MotoGP menguasai balapan dengan mengisi dua pebalap di podium. Mungkinkah ada pabrikan keempat akhir pekan ini?

Penulis: Arief Kurniawan

Tanpa mengurangi kiprah dan usaha keras Suzuki, Aprilia, dan KTM, rasanya hal itu mustahil. Honda, Yamaha, dan Ducati saat ini masih memiliki keunggulan signifikan terhadap ketiga tim lainnya tersebut.

Bila ditarik ulur dari tiga balapan sebelum GP Catalunya digelar Minggu (11/6/2017) ini, berarti itu adalah GP Spanyol di Sirkuit  Jerez, GP Prancis di Sirkuit Le Mans, dan GP Italia di Sirkuit Mugello.

Di Sirkuit Jerez, dua pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez, memanfaatkan panasnya suhu.

Ditambah lintasan Sirkuit Jerez yang memiliki daya cengkeram (grip) rendah, ban jadi sumber petaka di sana. Di situlah Pedrosa dan Marquez unggul. Mereka finis di posisi kesatu dan kedua.

Dua pekan kemudian, kondisi berubah 180 derajat. Selain aspal Sirkuut Le Mans yang lebih nge-grip, suhu pun lebih sejuk.

Yamaha yang mengawali awal musim dengan baik kembali menunjukkan taji. Maverick Vinales dan Johann Zarco masing-masing finis kesatu dan kedua. Bila Valentino Rossi tidak terjatuh di lap terakhir, mereka dipastikan menyapu bersih podium.


Pebalap tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales (depan), saat memimpin jalannya lomba MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, (21/5/2017), diikuti pebalap tim Monster Yamaha TECH 3, Johann Zarco, dan rekan satu tim Vinales, Valentino Rossi.(JEAN-FRANCOIS MONIER/AFP)

Beranjak ke Sirkuit Mugello. Di atas kertas ini mestinya bukan trek Ducati karena jenis tikungan-tikungannya sangat menguntungkan Yamaha.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.775


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.