Skater Perlu Tahu, Ini 3 Cara Merawat Skateboard Biar Awet

By HAI Online - Rabu, 11 April 2018 | 16:18 WIB
Skateboard mesti dirawat biar awet
Pexels.com
Skateboard mesti dirawat biar awet

3 tips perawatan papan skateboard ini perlu kita perhatikan supaya papan skateboard kita tetap awet!

PestaAsia.com - Sejak permainan skateboard terfasilitasi dengan makin banyaknya tempat yang menyediakan skatepark, kita jadi semakin aktif buat ngulik dan mengeksplor trik-trik yang asik. Bisa jadi, setiap sore kita justru latihan terus biar makin jago.

Kalo makin sering latihan, otomatis skateboard kita juga bakal makin sering dipakai, dan perawatannya juga harus diperhatiin dengan baik supaya tetap nyaman dan aman digunakan. Dan yang paling penting, papan skateboard sebaiknya dirawat dengan baik supaya awet. Menurut Stevanus Anton, pemilik brand Solitude, biasanya papan yang baik untuk dipakai sebagai papan skateboard adalah yang terbuat dari kayu maple. Kayu maple sendiri udah digunakan selama puluhan tahun berkat tingkat ketahanannya yang baik di segala cuaca.

Sejatinya, dibutuhkan 7 lapis papan kayu maple yang di-press menjadi satu untuk membuat papan skateboard lebih lentur dan nggak gampang patah. Meski papan ini kuat, namun seiring berjalannya waktu, tetap aja bisa tergerus. Maka dari itu, 3 tips perawatan papan skateboard ini perlu kita perhatikan supaya papan skateboard kita tetap awet!

Kebet, yuk!

1. Ban

Komponen ban terdiri dari ban itu sendiri dan bearing yang terdapat di dalamnya. Bearing merupakan hal paling penting yang haru selalu dirawat supaya roda senantiasa berputar dengan baik. Cara membersihkannya bisa menggunakan cairan bahan bakar (bensin) atau pembersih kutex (aseton). Setelah itu diberi pelumas cair, bisa dengan pelumas yang biasa digunakan untuk mesin jahit atau bisa juga membeli pelumas khusus bearing skateboard yang dijual di toko.

2. Bushing

Bushing, yaitu karet yang ada pada bagian truck skateboard (bagian as roda pada papan skateboard). Kalau truck menghadapi beban berat atau digunakan untuk waktu tertentu akan mengalami perubahan bahkan terkadang bisa sobek. Kalau dalam keadaan sobek, sebaiknya diganti dengan yang baru.

3. Griptape

Griptape merupakan bagian atas papan skateboard yang bertekstur kasar seperti amplas dan sering kali kotor akibat terkena debu atau kotoran dari sepatu. Kalau dibiarkan kotor tanpa dibersihkan, griptape akan kehilangan fungsinya. Makanya supaya bisa mencengkram sepatu dengan maksimal, jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin.

Cukup menaruh papan pada posisi vertikal, siram dengan air dan sikat menggunakan air sabun, kemudian bilas hingga bersih. Sebaiknya arah siraman air dari atas ke bawah sehingga papan nggak  terendam dan bisa dikeringkan dengan baik.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : HAI-ONLINE.COM


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.