Mau Bentuk Badan dari Olahraga? Kenali Dulu Tipe Tubuh Kita Sebelum Memulai Olahraga

By HAI Online - Kamis, 12 April 2018 | 14:11 WIB
Ilustrasi gym.
wow.tribunnews.com
Ilustrasi gym.

Banyak orang sering salah persepsi bahwa olahraga bisa bikin keajaiban. Padahal sesungguhnya olahraga nggak bisa mengubah orang yang pendek dan gemuk menjadi tinggi dan langsing. Atau orang yang agak loyo tibatiba jadi jago berkelahi yang kuat. Olahraga cuma bisa bikin badan jadi lebih sehat, stamina jadi lebih bagus dan penyakit ogah dateng.

PestaAsia.com - Ketika kita memulai olahraga untuk mengubah bentuk badan, kita musti paham dulu bentuk bodi kita sendiri. Dalam dunia kebugaran ada tiga tipe badan manusia: endomorph, mesomomorph, dan ektomorph. Ketiga tipe ini punya ciri-ciri fisik yang berbeda. Dan ketiga bentuk fisik ini berhubungan dengan olahraga apa yang cocok untuk dipilih. Salah pilih, target yang diinginkan nggak akan bisa dicapai. Bahkan bisa-bisa jadi cedera.

Nah, supaya hasil olahraga kita maksimal, langsung cek aja,  3 tipe tubuh manusia dan olahraga yang cocok untuk jenis tubuhnya.

  1. Endomorph

Orang bertipe badan endomorph, nggak cocok ngelakuin olahraga joging atau aktivitas lain yang punya high impactdengan tanah.

Justru olahraga yang berdampak ringan (low impact) atau tanpa dampak sama sekali (no impact) lebih seru jadi pilihan. Misalnya bersepeda, jalan kaki atau berenang. Intinya pilihlah semua olahraga yang nggak bikin tubuh terlalu tegang. Contoh para endomorph adalah aktor John Goodman (Mr. Flinstone) dan Jack Black (School of Rock). Kebayang kan kenapa mereka nggak cocok aerobik?

  1. Mesomomorph

Para mesomorphsangat cocok dengan olahraga jalan kaki atau lari jarak pendek (lari 5 km), Tapi ingatjangan coba-coba maraton. Apalagi olahraga yang perlu keseimbangan, kekuatan, daya dan ketangkasan kayak silat/karate, angkat berat, tenis atau selancar.

Contoh para mesomorph adalah orangorang seperti Bruce Willis, Sylvester Stallone, dan mayoritas juara Mr. Universe. Orangorang itu kan tanpa olahraga aja udah punya bodi keren. Maka sebenernya mereka nggak perlu tuh susah payah. Cukup joging atau lari pendek aja bentuk bodi mereka bakal terjaga.

  1. Ektomorph

Orang-orang ektomorph nggak terlalu bagus untuk jadi atlet renang. Pasalnya lemak mereka kesedikitan buat mengapung. Lari cepat juga nggak baik buat tipe

badan ini. Ini menjelaskan mengapa atlet lari 100 meter berbodi atletis, sementara atlet jarak jauh bodinya tips-tipis.

Ciri lainnya, mereka punya jari-jari yang panjang baik di kaki maupun tangan. Kulit mereka cenderung gampang terbakar matahari dan gampang kepanasan. Lemak yang sedikit membuat mereka juga gampang kedinginan


Editor :
Sumber : HAI-ONLINE.COM


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X