Kenapa Kita Tidak Boleh Langsung Duduk Setelah Lari?

By Bobo ID - Selasa, 17 Juli 2018 | 19:33 WIB
Olahraga lari
Creative Commons
Olahraga lari

PestaAsia.com – Olahraga lari bisa membuat tubuh kelelahan. Tak jarang, beberapa orang biasanya langsung duduk setelah olahraga lari.  

Padahal, duduk setelah olahraga lari tidak terlalu disarankan, karena bisa menimbulkan efek negatif bagi tubuh kita, lo.

Menumpuk Darah

Saat lari, jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh. Darah yang dipompa jantung akan kembali ke jantung.

Jika kita langsung duduk setelah lari, darah yang ada di bagian bawah tubuh akan tertahan. Darah yang kembali ke jantung pun jadi lebih lambat dan lebih sedikit.

Karena darah yang kembali ke jantung lebih lambat dan lebih sedikit, kita pun akan merasakan pusing dan rasa berputar. Hal ini bisa berujung dengan pingsan.

Apa yang Harus Dilakukan?

Jika tubuh sudah mulai capek, kita bisa memperlambat ritme lari kita. Setelah itu, kita bisa mengubahnya menjadi jalan cepat dan kemudian jalan biasa.

Melakukan hal di atas akan membuat detak jantung menurun secara perlahan. Saat detak jantung menutun, darah yang dialirkan ke seluruh tubuh pun akan menurun secara perlahan.

Setelah detak jantung kita normal, barulah kita bisa duduk. Saat detak jantung normal, darah tidak akan menumpuk di tubuh bagian bawah. Kepala kita pun tidak akan pusing jadinya.

Nah, sekarang teman-teman sudah tahu, kan, kenapa kita tidak boleh langsung duduk setelah olahraga lari?


Editor : Nugyasa Laksamana
Sumber : hellosehat.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.