Jenis Olahraga yang Bisa Menjaga Kesehatan Mental Kita. Wajib Tahu!

By Redaksi Cewekbanget - Senin, 7 Mei 2018 | 14:47 WIB
Jenis olahraga untuk menjaga kesehatan mental
payload531.cargocollective.com
Jenis olahraga untuk menjaga kesehatan mental

Banyak pikiran berujung stres bisa berakibat depresi jika tidak segera ditangani. Salah satu cara untuk mengurangi beban pikiran kita adalah olahraga. Pilih jenis olahraga yang tepat agar manfaatnya juga diterima dengan baik.

Saat ini, kesehatan mental enggak kalah penting dengan kesehatan fisik. Terutama kalau kita banyak melakukan kegiatan yang kerap menguras pikiran kita.
 
Seperti yang ketahui, seseorang yang memiliki stres atau kesehatan mental yang kurang terjaga ternyata sirkulasi darahnya lambat, sehingga dengan berolahraga kita akan memperlancar sirkulasi darah, dan depresi pun bisa terhindari.
 
Ini jenis olahraga sehari-hari yang bisa menjaga kesehatan mental kita. Wajib dicoba!
 
Yoga
 
Dilansir dari EliteDaily, menurut Kritin Wilson, MA, seorang ahli kesehatan klinis di Newport Academy memaparkan bahwa yoga mampu mengurangi kadar stres dalam tubuh kita dan mampu menenangkan sistem syaraf.
 
Dalam yoga, kita mengenal gerakan yang disebut sebagai meditasi. Menurut banyak penelitian, meditasi rupanya mampu bekerja seperti antidepresan yang bisa mengobati depresi dan perasaan gelisah.
 
Selain itu, gerakan dalam yoga yang termasuk lambat bisa menjadi cara untuk merelaksasi sistem syaraf dalam tubuh yang menegang.
 
Olahraga Outdoor
 
Beberapa olahraga yang dianjurkan buat menjaga kesehatan mental adalah olahraga yang bisa kita lakukan outdoor, seperti berenang, berlari, atau mendaki.
 
Wilson mengungkapkan bahwa beberapa penelitian juga membuktikan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan ternyata mampu mengurangi level stres, depresi dan rasa gelisah.
 
Terlebih lagi kalau kita melakukannya di alam terbuka yang bisa menurunkan kadar hormon stres, kortisol.
 
Dari jenis-jenis olahraa tersebut, bisa disimpulkan kalau ternyata, menjaga kesehatan mental itu bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Bahkan bisa dibilang kalau kita cenderung sering melakukannya dalam kegiatan sehari-hari.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.