Chan Yueng-Ting, Pelatih Cewek Pertama di Liga Champions Asia

By HAI Online - Rabu, 9 Mei 2018 | 16:40 WIB
Chan Yuen-ting mendampingi Eastern SC saat melawan Guangzhou Evergrande pada partai fase grup Liga Champions Asia di Stadion Tanhe, Rabu (22/2/2017).
STR/AFP
Chan Yuen-ting mendampingi Eastern SC saat melawan Guangzhou Evergrande pada partai fase grup Liga Champions Asia di Stadion Tanhe, Rabu (22/2/2017).

Meskipun bersifat universal, selama ini dunia sepak bola masih identik dengan permainan yang didominasi oleh para cowok. Padahal, sepak bola cewek nggak kalah keren sama kaum adam. Selain udah punya Piala Dunua sendiri, sepak bola cewek juga punya nama-nama besar seperti Hope Solo, Alex Morgan, hingga sang pemain legendaris Mia Hamann. Soal skill? Para atlet cewek ini nggak kalah jago  dari pesepakbola cowok.

Hal ini makin terbukti ketika Chan Yueng-Ting berhasil jadi pelatih cewek pertama yang menangani tim sepak bola yang berkompetisi pada level kontinental atau antar negara. Chan berhasil mencatatkan sejarah sebagai pelatih cewek pertama yang berkompetisi pada fase grup kompetisi bergengsi Liga Champions Asia.

Peristiwa tersebut terjadi saat klub besutan Chan, Eastern SC asal Hong Kong bertanding melawan Ghuangzhou Evergrande pada pertandingan fase grup Liga Champions Asia di Stadion Tanhe, Rabu (22/2/2017), seperti dikutip dari Kompas.com.

Chan Yueng-Ting bersalaman dengan pelatih Ghuangzhou Evergrande, Luiz Felipe Scolari

Akan tetapi, momen bersejarah buat Chan ini harus berakhir kurang menyenangkan saat tim yang diasuhnya mengalami kekalahan telak 0-7 atas tim asuhan mantan pelatih Timnas Brazil, Luiz Felipe Scolari. Kekalahan telak ini pun terjadi bukan tanpa sebab, karena tim asuhan Chan harus kehilangan dua pemain yang terkena kartu merah. Masing-masing Tsz-Ho Wong pada menit kedua dan Chi-Chung Wong pada menit ke-34.

Eastern SC sendiri berhasil lolos ke kompetisi kasta teratas Liga Champions Asia setelah berhasil menjuarai Hongkong Premier League 2015-2016. Musim lalu, Eastern SC berhasil memenangi pertarungan perebutan sengit dengan Kitchee SC dengan selisih satu poin di klasemen akhir! Gelar ini sekaligus jadi catatatan bersejarah buat Chan yang berhasil jadi pelatih cewek pertama yang menjuarai kompetisi sepak bola profesional cowok.  

Karier Chan di sepakbola profesional dimulai sejak dirinya bertugas sebagai analis data buat klub sepak bola Hong Kong Pegasus. Dia ikut menangani tim junior di klub ini dan berhasil meraih tiga gelar.

Chan Yueng-Ting

Baru pada Juli 2015, Chan yang saat ini masih berusia 28 tahun ini pindah ke Eastern SC sebagai asisten pelatih. Enam bulan kemudian, ia diangkat jadi pelatih kepala di klub yang kemudian berhasil dibawanya menjuarai Liga Hongkong 2016 ini.

“Kami nggak pernah menduga apa yang terjadi pada Chan ketika menunjuknya sebagai pelatih kepala pada pertengahan musim lalu,” kata Peter Leungh Shou-Chi, petinggi klub Eastern SC.

Ketika itu Chan masuk menggantikan Yeung Ching-Kwong pelatih utama Eastern SC yang mengundurkan diri. Chan yang sebelumnya menjabat sebagai asisten pelatih pun kemudian dipromosikan sebagai pelatih kepala larena dianggap udah mengenal seluk beluk tim ini.

Keputusan yang tepat, karena akhirnya Chan berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai pelatih muda yang berbakat dengan membawa Eastern SC menjuarai Liga Hongkong 2016 dan berlaga di Liga Champions Asia musim 2017.

 


Editor :
Sumber : HAI-ONLINE.COM


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.