Nepal Negara Peserta Asian Games, Ternyata Memiliki Sejarah Pembantaian di Keluarga Kerajaan Hingga Berakhirnya Kerajaan Hindu Tertua di Dunia

By Intisari Online - Senin, 16 April 2018 | 18:49 WIB
Kota Budhapest, salah satu Kota di Nepal
Tour 13
Kota Budhapest, salah satu Kota di Nepal

Hal ini juga berawal dari tuduhan terhadap pengeran Dipendra yang disebut melakukan penembakan terhadap raja, bahkan menyasar terhadap anggota keluarga lainnya.

PestaAsia - Mungkin tak banyak yang tahu jika Nepal, sebelum berganti menjadi Republik, ternyata sebuah kerajaan Hindu.

Bahkan kerajaan tersebut diklaim sebagai yang tertua di dunia, namun sayang kerajaan Hindu tersebut mengalami nasib tragis hingga berakhirnya.

Melansir berbagai sumber, peristiwa tersebut terjadi pada 2001, ketika itu keluarga kerajaan Birendara dibantai secara massal.

Kisahnya bermula ketika Gyanendra ra ayang diangakat setelah Raja Birendra tewas ditembak di Istana, namun Gyayendra justru pergi meninggalkan Istana.

 

Hal ini juga berawal dari tuduhan terhadap pengeran Dipendra yang disebut melakukan penembakan terhadap raja, bahkan menyasar terhadap anggota keluarga lainnya.

Lebih tragisnya, Dipendra malah melakukan aksi bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri, padahal ia dianggap sebagai salah satu titisan dari Dewa Whisnu.

Sebelum runtuhnya kerajaan Hindu di Istana Narayanhiti, banyak tragedi berdarah yang terjadi di sana, salah satunya ketika dua dinasti bersatu di istana tersebut, yaitu Dinasti Dhah dan Dinasti Rana.

Padahal menurut informasi dua dinasti tersebut sudah berseteru lama hingga abad ke-19 namun, akhirnya Dinasti Shah diusir dan pindah ke Istana Hanumandhoka.


Editor :
Sumber : intisari.grid.id


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X