5 Cabang Olahraga Atletik yang Mungkin Belum Kita Tahu

By Redaksi Cewekbanget - Jumat, 20 April 2018 | 18:13 WIB
menembak
MBC
menembak

Bukan hanya lari aja, ada banyak cabang olahraga atletik yang mungkin selama ini belum kita tahu.

Kalau mendengar kata “atletik”, dibayangan kita mungkin hanya berbagai cabang olahraga lari, seperti marathon, lari, sprint, dan estafet. Padahal ada banyak cabang dari olahraga atletik lainnya yang juga enggak kalah menarik.

Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani “Athlon” yang berarti “kontes”. Atletik merupakang salah satu cabang olahraga tertua yang diperlombakanan sejak Olimpiade pertama pada tahun 776 sebelum Masehi, lho.

Atletik merupakan salah satu cabang olahraga andalan Indonesia. Berikut cabang-cabang dari atletik yang mungkin kita belum tahu. Kamu sudah tahu?

Tolak Peluru


()

Tolak peluru merupakan kelompok olahraga lempar. Peluru yang dimaksud adalah bola besi yang berat. Bola besi ini harus dilempar oleh atlet tolak peluru sejauh mungkin. Dalam melakukan tolakannya, atlet dapat menggunakan gaya menyamping atau membelakangi sektor lemparan. Berat peluru beragam, mulai dari 3 kilogram hingga 7,25 kilogram, disesuaikan dari gender dan level atlet.

Lompat Tinggi


()
 

Cabang atletik satu ini enggak hanya memerlukan kekuatan kaki dan keterampilan melompat. Kelenturan tubuh juga harus dimiliki atlet lompat tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan melompati mistar setinggi 1,70 meter sampai 2.38 meter dengan gerakan yang mirip dengan backflip. Bila ada anggota tubuh yang menyentuh mistar atau bahkan sampai mistar jatuh, skor atlet menjadi rendah. Atlet lompat tinggi umumnya memiliki postur tubuh tinggi dan ramping.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.