Maulwi Saelan Kiper Legendaris Indonesia Sekaligus Ajudan Bung Karno yang Menahan Imbang Tim Kuat Eropa

By Intisari Online - Selasa, 19 Juni 2018 | 18:43 WIB
MAULWI SAELAN
KEMENPORA RI
MAULWI SAELAN

Kisah Maulwi Saelan penjaga gawang sekaligus Ajudan Bung Karno yang berhasil menahan imbang tim kuat Eropa Uni Soviet.

Indonesia mungkin bukanlah negara yang difavoritkan untuk unjuk gigi dalam gelaran sepak bola di pentas dunia.

Namun, siapa sangka Indonesia memiliki banyak kisah menarik di masa lalu yang mungkin tak banyak diketahui oleh sebagian orang. 

Salah satunya Indonesia adalah salah satu negara pertama dari Asia yang mentas di Ajang Piala Dunia 1938, dengan nama Hindia Belanda kala itu.

Selain itu, kisah lain yang tak kalah fenomenal adalah, ketika Indonesia berhasil menahan Imbang tim terkuat Eropa Uni Soviet, tahun 1956 silam.

Kala itu, Uni Soviet adalah salah satu negara dengan sepak bola terkuat di Eropa, dengan gaya permainan keras dan disiplin khas Eropa Timur.

Indonesia yang dipandang remeh temeh, tentu bukan apa-apa jika dibanding tim dari Eropa dengan tradisi sepak bola yang kuat bahkan hingga kini.

Namun, siapa sangka Indonesia justru berhasil menahan imbang Uni Soviet di pentas Olimpiade Melbourne.

Perjalanan Indonesia untuk masuk ke ajang tersebut juga diwarnai drama keberuntungan, pasalnya, Taiwan yang menjadi lawan Indonesia di ajang kualifikasi, justru mengundurkan diri dengan sejumlah alasan.

Alhasil, Indonesia tak perlu mengeluarkan keringat, untuk lolos di Olimpiade Melbourne, menariknya lagi, kebreuntungan Indonesia berlanjut, kala bertemu dengan tim sekelas Uni Soviet, negara yang kala itu dipandang sebagai tim terkuat dari Eropa.


Editor : Nugyasa Laksamana
Sumber : Intisari Online


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.