Anak Nelayan dari Jayapura Raih Medali Emas ASEAN Para Games 2017

By Nugyasa Laksamana - Selasa, 19 September 2017 | 21:27 WIB
Atlet renang para games Indonesia, Menaser Meriba Num, meraih medali emas pada ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.
INASGOC
Atlet renang para games Indonesia, Menaser Meriba Num, meraih medali emas pada ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Jika dilihat sekilas, Menaser Meriba Num, memiliki kondisi fisik yang prima dan gagah. Namun, sebenarnya dia memiliki kekurangan dalam hal penglihatan.

Menaser merupakan atlet renang para games Indonesia yang lahir di Jayapura, Papua, pada 8 Mei 1996. Orangtuanya berprofesi sebagai nelayan.

Sejak lahir, dia mengalami gangguan yang membuat penglihatannya kabur meski hanya dalam jarak pandang satu meter.

"Pandangan mata saya sangat lemah. Ini terjadi sejak saya dilahirkan, bahkan dokter pun mengatakan sudah tak bisa disembuhkan," kata Menaser.

Baca juga:

Meski demikian, keterbatasan itu tak menghalangi Menaser untuk menorehkan prestasi di dunia olahraga.

Pada ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Menaser berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga renang nomor 100 meter gaya bebas putra kategori S12, Selasa (19/9/2017).

Atlet kelahiran Jayapura, Papua itu menyabet medali emas berkat catatan waktu 1 menit 5,98 detik, mengungguli Julius (Malaysia) serta Bui Van Tinh (Vietnam).

"Sebenarnya saya tak ditargetkan sama sekali di nomor ini. Puji Tuhan, saya tak menyangka bisa juara. Padahal saat latihan, waktu terbaik saya cuma 1 menit 9 detik," tutur Menaser.

"Di ASEAN Para Games Singapura 2015, saya meraih perak di nomor 50 dan 100 meter gaya bebas. Sekarang, saya ingin memperbaikinya menjadi emas," ujar Maneser yang pada APG 2013 mendapat medali emas nomor 50 meter gaya bebas.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : MEDIA CDM APG


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.