Inasgoc dan Perbakin Sosialisasikan Aturan Internasional Baru pada Test Event Menembak

By Delia Mustikasari - Senin, 6 November 2017 | 13:35 WIB
Petembak Vidya Rafika tampil di nomor 10 meter Air Rifle Woman pada test event Asian Games 2018 di Cilodong, Depok, Minggu (5/11/2017).
INASGOC
Petembak Vidya Rafika tampil di nomor 10 meter Air Rifle Woman pada test event Asian Games 2018 di Cilodong, Depok, Minggu (5/11/2017).

Panitia pelaksana Asian Games 2018 Jakarta-Palembang (Inasgoc) dan Persatuan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) melakukan sosialisasi aturan internasional pada test event menembak.

Hal tersebut dilakukan seiring dinamisasi perubahan aturan pertandingan internasional di cabang menembak setiap empat tahun sekali, Karena itu, para atlet dan juri pertandingan harus mengupdate agar bisa menjalankan aturan terbaru.

Atas dasar itulah, test event "Road to Asian Games 2018" cabang menembak berlangsung di dua lokasi yaitu Lapangan Tembak Senayan dan Arena Tembak Divisi Infanteri I Cilodong, Depok, Jabar pada 5-12 November untuk mengadaptasi perubahan aturan yang ada.

Hal itu ditekankan Inca Ferry, mantan petembak nasional, yang berakreditasi juri internasional di sela-sela test event bertajuk, "Indonesia Shooting Competition 2017” di Cilodong, Depok, Minggu (5/11/2017).

Di lokasi ini hanya mempertandingkan nomor skeet & trap, serta 300 meter rifle 3 positions.

Baca juga:

"Setelah Olimpiade, selalu ada aturan baru yang bertujuan agar pertandingan menembak lebih dinamis dengan pemecahan rekor-rekor baru. Tak hanya atlet saja yang harus tahu, tapi juga juri lokal atau national technical officer yang akan bertugas," ucap Inca.

Salah satu contoh perubahan aturan di cabang menembak, terutama di nomor skeet & trap yakni mengenai gerakan petembak saat bertanding.

"Jika dulu, petembak saat membidik clay yang terbang diperbolehkan bergerak dengan mengubah posisi kaki, di aturan terbaru dibatasi hanya bisa bergerak searah jarum jam dan hanya satu kaki di belakang, yang tidak boleh bergerak," ujar Inca.

Test event di Cilodong diikuti tujuh atlet di nomor skeet & trap, serta 15 petembak di nomor 300 meter rifle 3 positions yang berasal dari sembilan provinsi.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Inasgoc


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X