TOPIK TERPOPULER
Petenis Swiss, Roger Federer, mengembalikan bola pukulan dari Andy Murray, pada laga tenis ekshibisi amal bertajuk
ANDY BUCHANAN/AFP PHOTO
Petenis Swiss, Roger Federer, mengembalikan bola pukulan dari Andy Murray, pada laga tenis ekshibisi amal bertajuk

Roger Federer Sudah Terbiasa Hadapi Pemain Muda

JUARA.NET, LONDON - Petenis Swiss, Roger Federer, mengaku sudah terbiasa menghadapi pemain-pemain muda pada turnamen ATP World Tour.

Berdasarkan hal ini, Federer pun menyatakan siap menjalani turnamen ATP Finals 2017 yang berlangsung di O2 Arena, London, Inggris, 12-19 November.

Pada laga pembuka Grup Boris Becker, Federer dijadwalkan bertanding melawan petenis muda Amerika Serikat (AS), Jack Sock, Minggu (12/11/2017).

Selain Sock, Federer juga akan bersaing dengan Marin Cilic (Kroasia) dan satu petenis muda lainnya, Alexander Zverev (Jerman), di Grup Boris Becker.

Berdasarkan catatan ATP, Zverev baru berusia lima bulan saat Federer memutuskan terjun ke level pro.

"Rasanya memang spesial bermain dengan para petenis dari generasi berikutnya, tetapi tidak lebih sulit," ucap Federer yang dilansir BolaSport.com dari situs resmi ATP World Tour.

"Saya mulai terbiasa sekarang, bertanding melawan para pemain muda," kata Federer lagi.

Dibanding para peserta ATP Finals 2017 lainnya, Federer merupakan petenis dengan jumlah partisipasi paling banyak, 15 kali.

Jumlah itu dua kali lebih banyak dibanding rival abadinya, Rafael Nadal (Spanyol), yang juga akan berburu gelar pada tahun ini.

Di atas kertas, kans juara Federer memang lebih besar ketimbang para pesaingnya.

Selain faktor kenyang pengalaman bertanding pada ATP Finals, Federer juga tercatat telah enam kali menjadi juara yakni pada 2003, 2004, 2006, 2007, 2010, dan 2011.

Para petenis elite dunia yang lolos ke ATP Finals 2017 (dari kiri ke kanan): Marin Cilic, Grigor Dimitrov, Alexander Zverev, Rafael Nadal, Roger Federer, Dominic Thiem, David Goffin, Jack Sock.
Para petenis elite dunia yang lolos ke ATP Finals 2017 (dari kiri ke kanan): Marin Cilic, Grigor Dimitrov, Alexander Zverev, Rafael Nadal, Roger Federer, Dominic Thiem, David Goffin, Jack Sock.
ATP WORLD TOUR.COM

Di luar dari rekam jejak pada ATP Finals, performa Federer sepanjang kalender kompetisi 2017 juga terbilang oke dan konsisten.

Petenis 36 tahun ini sukses meraih dua gelar Grand Slam (Australia dan Wimbledon), tiga titel ATP Masters 100 (Indian Wells, Miami, dan Shanghai), dua gelar turnamen lain (Halle Open dan Basel Open), serta rekor empat kemenangan atas Nadal sepanjang 2017.

"Ini adalah pencapaian yang bagus," ucap Federer.

"Saya sangat senang bisa kembali ke sini dan berkesempatan berkompetisi melawan pemain-pemain terbaik," kata Federer lagi.

ATP Finals merupakan turnamen elite akhir tahun bagi delapan petenis terbaik.

Tahun ini, ATP Finals diikuti oleh Federer, Sock, Cilic, Zverev, Nadal, Grigor Dimitrov (Bulgaria), Dominic Thiem (Austria), dan David Goffin (Belgia).

Laga pertama pada penyisihan Grup Boris Becker yang mempertemukan Federer dan Sock akan berlangsung malam ini, mulai pukul 21.00 WIB.

TOPIK :

Komentar