Detektor Radiasi Nuklir Siap Amankan Asian Games 2018

By Noverta Salyadi - Kamis, 16 November 2017 | 22:23 WIB
Ilustrasi radiasi nuklir.
PIXABAY
Ilustrasi radiasi nuklir.

 Menjelang Asian Games 2018, venue Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), akan dilengkapi alat pendeteksi radiasi nuklir.

Pelaksanaan deteksi akan mulai dilakukan tiga hari sebelum penggelaran Asian Games.

Tempat-tempat yang akan dilengkapi detektor radiasi nuklir ialah venue pertandingan dan perlombaan, wisma atlet, hingga lokasi pendukung yang berhubungan dengan Asian Games.

Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir Bapeten Dedik Eko Sumargo menyatakan bakal menyiapkan alat pendetekasi radiasi nuklir sebagai kegiatan standar bagi ajang internasional.

Baca juga:

"Setiap penghelatan akbar yang sifatnya Major Publik Rvent (MPE) baik nasional maupun internasional akan melibatkan banyak sumber daya dan memerlukan perencanaan dan implementasi keamanan maksimal," ujar Dedik Eko di hotel Santika Palembang, Kamis (16/11/2017).

Menurut Eko, istilah MPE ini bukan hanya sekedar event olahraga, tetapi juga pertemuan publik yang sifatnya tamu ke negara.

Bagi negara penyelengara tentunya ini akan sulit karena akan menghadapi tantangan besar komplek.

"MPE ini akan mendapat atensi publik dan banyak melibatkan media secara besar-besaran sehingga menjadi target para demostran dan pelaku kerusuhan dan kecauan lain sehingga mengganggu pelaksanaan," kata Eko.

Eko juga menegaskan yang perlu menjadi perhatian kegiatan seperti ini bisa menjadi target tindak kriminal dan teroris.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X