Obituari - Juara Wimbledon 1998 Berpulang karena Kanker

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 20 November 2017 | 17:47 WIB
Petenis tunggal putri asal Republik Ceska, Jana Novotna, melakukan selebrasi bersama trofi Wimbledon yang diraihnya seusai mengalahkan Nathalie Tauziat (Prancis) pada laga final, 4 Juli 1998.
PASCAL PAVANI/AFP PHOTO
Petenis tunggal putri asal Republik Ceska, Jana Novotna, melakukan selebrasi bersama trofi Wimbledon yang diraihnya seusai mengalahkan Nathalie Tauziat (Prancis) pada laga final, 4 Juli 1998.

Kabar duka tengah menyelimuti tenis dunia, khususnya tenis putri, seiring dengan kabar berpulangnya mantan juara Wimbledon 1998 untuk nomor tunggal putri, Jana Novotna.  

Dilansir dari BBC, Senin (20/11/2017), Novotna meninggal dunia pada usia 49 tahun karena kanker.

"Jana Novotna meninggal dunia dengan damai, dikelilingi oleh keluarganya," tulis Asosiasi Tenis Putri (Women's Tennis Association/WTA).

Novotna merupakan salah satu petenis putri yang pernah dimiliki Republik Ceska. Sebelum meraih titel Wimbledon pada 1998, Novotna tercatat sudah dua kali menembus babak final turnamen Grand Slam tersebut.

Baca juga:

Namun, pada dua kesempatan pertamanya itu, Novotna gagal naik ke podium kampiun. Pada laga final 1993, Novotna kalah dari Steffi Graf (Jerman), sementara pada final 1997, dia tumbang di tangan Martina Hingis (Swiss).

Novotna akhirnya menjuarai Wimbledon dalam kesempatan ketiganya, yakni pada 1998. Satu tahun pasca-kekalahan keduanya pada final Wimbledon, Novotna berhasil mengangkat trofi seusai mengalahkan Nathalie Tauziat (Prancis).

Kemenangan itu menjadikan Novotna sebagai petenis tertua yang meraih gelar Grand Slam pertama (29 tahun sembilan bulan).

"Jana adalah inspirasi, baik di dalam maupun di luar lapangan bagi siapapun yang memiliki kesempatan untuk mengenal dia," tutur Chief Executive WTA Steve Simon.

"Kebintangannya akan selalu bersinar terang dalam sejarah WTA. Belasungkawa kami untuk keluarga Jana," kata Simon lagi.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X