Ade Rai: Atlet Harus Mandiri secara Finansial

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 14 Desember 2017 | 16:43 WIB
Ade Rai saat diwawancarai wartawan pada acara  acara Anugerah Legenda Olahraga Indonesia yang diadakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (13/12/2017) WIB.
WISNU NOVA/BOLASPORT.COM
Ade Rai saat diwawancarai wartawan pada acara acara Anugerah Legenda Olahraga Indonesia yang diadakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (13/12/2017) WIB.

I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai atau lebih dikenal Ade Rai, berharap atlet-atlet nasional dapat meningkatkan kemandirian finansial agar dapat lebih sejahtera setelah pensiun.

Sebagai mantan atlet yang pernah menyumbangkan emas dari cabang olahraga Bodybuilding, Ade Rai turut hadir dalam acara Anugerah Legenda Olahraga Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (13/12/2017) malam WIB.

Acara yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap legenda-legenda atlet nasional.

Dalam kesempatan ini, Ade Rai berusaha memberikan pandangan sekaligus harapan kepada generasi penerus agar tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.

Menurut binaragawan yang kini berusia 47 tahun itu, kesalahan mantan-mantan atlet terdahulu adalah memiliki pemikiran akan mendapatkan jaminan kesejahteraan dari pemerintah atau negara setelah pensiun.

Tak sedikit mantan atlet yang tidak mengelola keuangan selama menjadi atlet dengan baik.

Juara Musclemania World Professional 1996 dan 2000 itu ingin agar atlet nasional sekarang tidak lagi memiliki mentalitas serupa.

"Seorang atlet harus punya kemandirian. Menjadi atlet adalah pilihan pribadi masing-masing, jadi jangan pernah menyalahkan organisasi, institusi, atau pemerintah karena mereka hanya memfasilitasi. Jika ada fasilitas tentu perlu bersyukur, tetapi apabila tidak ada tetaplah jalani karena itu memang sudah pilihan sendiri," kata Ade Rai kepada BolaSport.com.

"Semoga dengan adanya itikad baik dari Kemenpora seperti ini dapat memberikan penguatan hati kepada atlet-atlet baru bahwa tidak perlu khawatir dengan pilihan menjadi atlet karena ke depannya masih ada yang mau memperhatikan. Jika tidak, paling tidak sudah memiliki kemandirian finansial," ujar dia.

Dalam Anugerah Legenda Olahraga Indonesia, sebanyak 286 legenda atlet nasional dari 26 cabang olahraga mendapatkan penghargaan berupa piagam dan uang senilai Rp 40 juta.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.