Fasilitas Akuatik di Indonesia Masih Minim meski Jadi Negara Maritim

By Kamis, 4 Januari 2018 | 21:04 WIB
Sejumlah atlet renang artistik berlatih di kolam renang baru Gelora Bung Karno yang bernama Aquatic Stadium pada Senin (4/12/2017).
NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM
Sejumlah atlet renang artistik berlatih di kolam renang baru Gelora Bung Karno yang bernama Aquatic Stadium pada Senin (4/12/2017).

Indonesia merupakan negara maritim atau kelautan. Meski dekat dengan air, anehnya olahraga akuatik kurang populer di Indonesia.

Fasilitas penunjang olahraga akuatik pun terhitung minim. Ini yang menjadikan cabang seperti renang, renang artistik, maupun polo air Indonesia tertinggal dari negara-negara lain.

"Saya pernah mengikuti pelatihan penyelamatan dan menghadapi kenyataan bila sebagai negara maritim ternyata banyak yang tidak bisa berenang," kata Kabid Binpres Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

"Ini yang menjadikan olahraga aquatik kurang populer. Fasilitas penunjang di daerah juga minim. Padahal, anak-anak Indonesia punya potensi di olahraga itu," ucap Wisnu yang juga ketua JAQ Swimming.

Ironisnya, olahraga aquatik selalu menyediakan banyak medali di setiap kejuaraan, apakah itu single event atau multievent. Tidak kurang 55 medali emas diperebutkan di nomor renang lintasan, renang artistik dan polo air.

"Jadi harus ada pembinaan sejak usia dini bagi atlet renang. Tapi ini harus dimulai dengan menumbuhkan minat renang," ujarnya.

(Baca Juga: Ini Dia Pesona Unik Ariel Tatum yang Bikin Ryuji Utomo Makin Klepek-klepek)

Demi meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga aquatik. JAQ Swimming kembali menggelar swim camp di Yogyakarta.

Ini untuk kali kedua JAQ Swimming menggelar perlombaan renang yang diikuti anak-anak usia 7 sampai 16 tahun. Kegiatan itu dilaksanakan mulai Rabu (3/11/2017) sampai Minggu (7/1/2018).

"Yang pertama kali digelar di Jakarta dan berikutnya di Yogyakarta. Mengapa di Yogyakarta? Di sini dan sekitarnya memiliki banyak perenang potensial. Dan Yogyakarta sudah lama tidak pernah lagi memunculkan perenang nasional," ujar Wisnu.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.