Kemenpora Beri Penjelasan tentang Pemangkasan Anggaran untuk Asian Games 2018

By Delia Mustikasari - Minggu, 7 Januari 2018 | 18:38 WIB
Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto (tengah)menyaksikan dan memberikan arahan pada acara serah terima jabatan (sertijab) Direktur Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) di Lantai 3 Kantor Kemenpora Jakarta, Rabu (15/11/2017)
KEMENPORA
Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto (tengah)menyaksikan dan memberikan arahan pada acara serah terima jabatan (sertijab) Direktur Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) di Lantai 3 Kantor Kemenpora Jakarta, Rabu (15/11/2017)

Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan tanggapan atas protes forum cabang olahraga yang keberatan dengan pemotongan anggaran pelatnas Asian Games pada Jumat (5/1/2018), lalu.

Forum ini menanyakan jumlah anggaran yang dialokasikan. Menurut forum tersebut, jumlah yang tersisa dari angka Rp 735,06 miliar untuk anggaran pelatnas masih tersisa sekitar seratusan miliar setelah dipotong untuk National Paralympic Games (NPC) sebesar Rp 135 miliar.

"Terhadap tidak terpenuhinya seluruh proposal cabang olahraga, perlu kiranya diketahui, bahwa anggaran yang tersedia untuk itu hanya sebesar Rp 735 milyar (dulu nomenklaturnya disebut anggaran PRIMA)," tulis Kemenpora, Minggu (7/1/2018).

Dari angka sebesar itu masih harus dikurangi sebesar sekitar Rp 135 miliar untuk persiapan atlet Asian Para Games.

"Sebagai perbandingan, saat persiapan Indonesia ke ASEAN Para Games di Kuala Lumpur pada September 2017, Indonesia melalui NPC (adalah sekitar Rp 100 miliar) dari total anggaran PRIMA sebesar Rp 500 miliar dan Indonesia menjadi juara umum," tutur Kemenpora.

Dengan demikian, anggaran yang tersedia untuk persiapan Asian Games adalah sekitar Rp 600 miliar.

"Itu berarti hanya setengah dari jumlah total akumulasi seluruh proposal. Itu belum terhitung keperluan lain yang harus dibelanjakan," ucap Kemenpora.

"Dalam perkembangannya, ada arahan khusus dari Wakil Presiden tentang kewajiban tidak boleh kurang dari 70 persen untuk kebutuhan cabang olahraga di Asian Games."

(Baca juga: Williams Setujui Sergey Sirotkin sebagai Pebalapnya pada F1 Musim 2018)

Total anggaran yang akan diberikan untuk seluruh cabang olahraga sempat menyentuh angka kurang dari 70 persen.

Namun, setelah Kemenpora mempertimbangkan berbagai aspek dan juga sesuai arahan Wakil Presiden, anggaran yang dikeluarkan harus kurang dari Rp 735 miliar.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : KEMENPORA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.