Timnas Balap Sepeda Eritrea, Tiada Hari Tanpa Bersepeda

By Yakub Pryatama - Kamis, 1 Februari 2018 | 12:44 WIB
Aksi sejumlah pebalap dalam lomba Etape 1 balap sepeda Tour De Indonesia 2018, Kamis (25/1/2018). Ajang olahraga bersepeda jarak jauh yang dipadu pariwisata tersebut menempuh jarak 127 kilometer melewati Solo, Sragen, dan Ngawi.
FERNANDO RANDY/BOLA/BOLASPORT.COM
Aksi sejumlah pebalap dalam lomba Etape 1 balap sepeda Tour De Indonesia 2018, Kamis (25/1/2018). Ajang olahraga bersepeda jarak jauh yang dipadu pariwisata tersebut menempuh jarak 127 kilometer melewati Solo, Sragen, dan Ngawi.

Ada hal yang menarik perhatian dari gelaran Tour de Indonesia (TdI) 2018 pada 25-28 Januari yaitu hadirnya salah satu negara asal benua Afrika yang mengikuti ajang TdI, adalah tim nasional Eritrea.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang negara yang berada di wilayah timur Afrika dan berbatasan langsung dengan laut merah tersebut.

Meski mengalami perekonomian yang buruk, Eritrea tetap eksis dalam cabang olahraga, terutama balap sepeda.

Sepeda menjadi olahraga yang cukup digemari di Eritrea.

Masyarakat Eritrea rata-rata menggunakan alat transportasi sepeda untuk melakukan aktivitas.

Eritrea juga mengukuhkan dirinya sebagai raja sepeda dari Afrika. Maklum, prestasi timnas sepeda Eritrea juga mentereng. Mereka berhasil keluar sebagai juara pada Kejuaraan Kontinental Afrika 2017.

"Di Eritrea sudah menjadi tradisi membawa sepeda dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, setiap keluarga di Eritrea pasti memiliki sepeda," tutur manajer timnas sepeda Eritrea, Alem Amare kepada JUARA.

Jika melihat sepak terjang pebalap Eritrea di TdI, pebalap, Hanibal Tesfay, tentunya menjadi yang terdepan.

(Baca juga: Asian Games 2018 - Jusuf Kalla Resmikan Main Operation Center di Kantor Inasgoc)

Tesfay sukses mencuri perhatian setelah menjadi yang tercepat ketiga di etape keempat di Denpasar, Bali, pada Minggu (28/1/2018). Ia juga keluar sebagai runner-up pada hasil akhir klasifikasi King of Mountain (KoM).


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Tabloid BOLA edisi 2.840


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.