Kelas Eko Yuli Tidak Dipertandingkan, Indonesia Bisa Kehilangan Satu Potensi Emas pada Asian Games 2018

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 21 Februari 2018 | 19:32 WIB
Aksi lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan, saat melakukan angkatan clean and jerk kelas 62 kg putra pada 18th Asian Games Invitation Tournament di JiExpo, Jakarta, Minggu (11/2/2018).
FERNANDO RANDY/BOLA/BOLASPORT.COM
Aksi lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan, saat melakukan angkatan clean and jerk kelas 62 kg putra pada 18th Asian Games Invitation Tournament di JiExpo, Jakarta, Minggu (11/2/2018).

Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan, terancam tidak dapat mengikuti Asian Games 2018 setelah dicoretnya kelas 62 kg pada ajang tersebut.

Pencoretan kelas 62 kg putra tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan Asian Weightlifting Federation (AWF) tertanggal 11 Februari 2018.

Surat edaran tersebut ditandatangani langsung oleh Presiden AWF, Mohamed Yousef Almana, dan Sekretaris Jenderal Boossaba Yodbangtoey.

(Baca juga: Menpora Imam Nahrawi Pose bersama Atlet Angkat Berat, Triawan Munaf Beri Komentar Bernada Peringatan)

"Atas nama Asian Weightlifting Federation, saya ingin memberi tahu Anda keputusan dari panitia teknis dan anggota dewan eksekutif AWF bahwa suara mayoritas memilih menghapuskan 62 kg dari Asian Games ke-18," demikian pernyataan surat itu.

Mengetahui hal tersebut, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PB PABBSI) Djoko Pramono mengaku terkejut.

Djoko menyatakan bahwa pengurangan kelas angkat besi menjadi hanya tujuh mengacu kepada Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelumnya, pada Olimpiade Rio 2016, angkat besi mempertandingkan delapan kelas. Namun, jumlah itu dikurangi karean adanya skandal doping.

(Baca juga: Karena Prestasinya, Atlet Angkat Berat ini Dipanggil Seleksi Asian Para Games 2018)

"Kalau memang harus ada pengurangan, mestinya di kelas kelas berat karena yang terlibat skandal doping itu di kelas berat. Justru di kelas 62 kilogram tidak ada skandal doping," kata Djoko.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.