Sang Pelatih Bocorkan Rahasia Kembalinya Performa Oke Roger Federer

By Susi Lestari - Sabtu, 24 Februari 2018 | 22:26 WIB
Petenis putra Swiss, Roger Federer, melakukan selebrasi seusai memenangi laga semifinal melawan Andreas Seppi pada turnamen Rotterdam Open 2018, di Rotterdam, Belanda, Sabtu (17/2/2018).
KOEN SUYK/AFP PHOTO
Petenis putra Swiss, Roger Federer, melakukan selebrasi seusai memenangi laga semifinal melawan Andreas Seppi pada turnamen Rotterdam Open 2018, di Rotterdam, Belanda, Sabtu (17/2/2018).

Pelatih petenis Roger Federer, Ivan Ljubicic, membeberkan rahasia kembalinya performa terbaik sang atlet.

Federer sukses menjadi pemain nomor satu dunia lagi setelah menembus babak semifinal turnamen Rotterdam Open 2018. Kali terakhir, petenis Swiss itu berada di puncak peringkat ATP World Tour ialah pada Oktober 2012.

Kesuksesan Federer ini tentu tidak lepas dari tangan dingin Ljubicic yang telah bekerja dengannya selama dua tahun terakhir.

Meski jarang disorot, mantan petenis asal Kroasia itu jelas mempunyai andil besar atas performa impresif Federer.

Dalam dua tahun terakhir, Federer berhasil menambah tiga gelar Grand Slam yakni Australia Terbuka dan Wimbledon 2017 serta Australia Terbuka 2018.

(Baca Juga:Sempat Musuhan karena Perilaku Tidak Terhormat, 2 Pebulu Tangkis Ini Baikan dii Swiss Open 2018 )

"Bagian yang paling sulit adalah mengetahui di mana jalurnya. Kapan harus melepaskan atau masuk dan mengatakan sesuatu. Itu mungkin bagian pekerjaan yang paling rumit," kata Ljubicic yang dikutip dari Express.

"Sebagai pelatih, Anda tidak bisa egois. Itu tidak akan berhasil. Anda harus mengerti dan lebih baik bagi pemain untuk melakukan kesalahan dengan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan apa yang Anda pikirkan," ujar Ljubicic lagi.

Semenjak bergabung menjadi pelatih, Ljubicic sukses membawa Federer meraih sejumlah gelar juara termasuk tiga titel Grand Slam dan tiga gelar turnamen level Masters.

(Baca Juga: BAM Tunjuk Orang Ini untuk Jadi Perwakilan pada Sidang BWF tentang Skandal Pengaturan Skor Pebulu Tangkis Malaysia)


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.