Data Badan Anti Doping Inggris Beratkan Pembelaan Chris Froome

By Delia Mustikasari - Jumat, 2 Maret 2018 | 16:05 WIB
Chris Froome Mencium Piala Tour De France 2017
Chris Froome Mencium Piala Tour De France 2017

Data yang diperoleh Badan Anti Doping Inggris (UKAD) menjadi pukulan dalam upaya pembelaan pebalap sepeda Inggris, Chris Froome, pada kasus salbutamol yang terdeteksi dalam urine miliknya.

Berdasarkan data yang diperoleh kantor berita Press Association melalui permintaan Freedom of Information, mengungkapkan tingginya jumlah atlet yang didiagnosis asma.

Namun, hanya tiga dari 109 temuan penggunaan salbutamol yang dapat dipertanggungjawabkan dan diproses UKAD dalam kurun waktu Januari 2015-Desember 2017.

Data kasus UKAD menunjukkan bahwa atlet sepak bola, tinju, dan judo dilarang bertanding karena adanya salbutamol dalam sampel urine mereka.

Sampel urine yang diambil ketika Chris Froome tampil di Vuelta a Espana, September 2017 itu, menunjukkan kadar salbutamol di atas ambang batas.

Kadar salbutamol yang diperbolehkan WADA (Badan Anti Doping Dunia) adalah 1.000 nanogram per mililiter, sedangkan kadar salbutamol dalam sampel urine Froome ditemukan sebanyak dua kali lipat, 2.000 nanogram per mililiter.

(Baca juga: Sektor Ganda Putri Indonesia Punya Kans Juara pada All England 2018)

Pebalap tim Sky ini pun menyatakan bahwa dia menggunakan salbutamol untuk pengobatan asma yang dideritanya atas izin dokter.

Pebalap sepeda berusia 32 tahun ini memang mengidap asma dan kerap menggunakan inhaler yang mengandung salbutamol guna mengobati penyakitnya tersebut.

WADA mengizinkan penggunaan salbutamol melalui inhaler untuk pengobatan asma dan pemakaian dengan cara ini dianggap bukan untuk meningkatkan performa atlet.

Akan tetapi, beberapa pebalap sepeda malah memiliki kadar salbutamol yang melebihi standar WADA. Hasilnya, para pebalap sepeda ini mendapatkan hukuman tak boleh berkompetisi.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Cyclingnews.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.