Perbasi Akan Bawa Tim Dokter untuk Uji Kesehatan Para Pebasket Afrika

By Persiana Galih - Minggu, 1 April 2018 | 17:14 WIB
Spesialis Kedokteran Olahraga dari Indonesia Sports Medical Centre, dr. A. Andi Kurniawan Sp. KO. (kiri), berbicara dalam acara media briefing FWD North Pole Marathon di Kaffeine, SCBD, Jakarta, Rabu (28/3/2018).
SEPTIAN TAMBUNAN/BOLASPORT.COM
Spesialis Kedokteran Olahraga dari Indonesia Sports Medical Centre, dr. A. Andi Kurniawan Sp. KO. (kiri), berbicara dalam acara media briefing FWD North Pole Marathon di Kaffeine, SCBD, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Mega proyek Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dalam mendatangkan dan menaturalisasi sepuluh pebasket Afrika terbilang nekat jika dilihat dari kacamata sains.

Pasalnya, Perbasi tak melalui pengecekan medis secara maksimal, sebelum benar-benar merekrut sepuluh pebasket Afrika tersebut.

Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih berencana terbang ke Mali, Afrika Barat, pada awal April 2018 untuk memulai misi perekrutan pemain.

Di Mali, telah menunggu seorang agen dengan para pebasket dari beberapa negara Benua Afrika.

Perbasi berencana membawa seorang dokter untuk menguji kesehatan para pebasket Afrika.

"Kami akan cari dokter ahli kesehatan dan fisik. Kami minta dokter memastikan agar pebasket yang kami inginkan tak terjangkit HIV," kata Danny, kepada BolaSport.com.

Rencananya, Danny dan tim akan berada di Mali selama dua hari saja.

(Baca juga: Pro-Kontra Mega Proyek Basket Indonesia - Perbasi Warganegarakan Sepuluh Orang Afrika untuk Timnas)

Mendengar hal tersebut, dokter olahraga, Andi Kurniawan, khawatir. Menurut dia, sebaiknya Perbasi tak hanya mengecek darah saja, melainkan menempuh pendekatan sains lebih dalam sebelum resmi merekrut para pebasket Afrika itu.

"Ada metode medis yang disebut identifikasi bakat. Dengan cara itu, kita bisa tahu apakah pebasket ini punya potensi menjadi pebasket andal atau tidak. Semuanya bisa dilihat lebih dulu, agar Perbasi tak membeli kucing dalam karung," katanya kepada BolaSport.com.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X