Ini Alasan Cabang Paracycling Target Dua Perunggu di APG 2018

By Rabu, 23 Mei 2018 | 08:15 WIB
Atlet balap sepeda difabel Indonesia, Ni Kadek Karya Dewi (kanan), saat berlatih.
GONANG SUSATYO/BOLASPORT.COM
Atlet balap sepeda difabel Indonesia, Ni Kadek Karya Dewi (kanan), saat berlatih.

JUARA.NET – Tim balap sepeda (paracycling) Indonesia menurunkan 13 atlet yang berlaga di Asian Para Games (APG) 2018. Menjadi tuan rumah di APG 2018 memberi kesempatan kepada National Paralympic Committee (NPC) Indonesia menurunkan lebih banyak atlet.

Meski demikian tak mudah bagi Indonesia untuk bersaing di paracycling. Selain Malaysia, tuan rumah harus bersaing dengan negara-negara kuat di paracycling seperti China, Iran dan Jepang. Ini yang menjadikan tuan rumah menargetkan dua perunggu di cabang tersebut.

Pebalap Ni Kadek Karya Dewi dan Muhammad Fadli Imammuddin diharapkan bisa menyumbang medali di nomor road. Sebaliknya pebalap Indonesia masih kesulitan bersaing di nomor trek.

(Baca Juga: Piala Uber 2018 - Indonesia dan China Buat Malaysia Perpanjang Mimpi Buruk)

“Kami berharap meraih medali di nomor road. Targetnya adalah dua perunggu. Ini target realistis mengingat persaingan yang ketat di paracycling. Saya menetapkan target, kami memang diminta realistis dan tidak muluk. Meski demikian, kami punya komitmen melebihi target itu,” kata Umar.

Ditambahkannya, “Di nomor trek, pebalap masih sulit bersaing karena kami masih dalam tahap belajar. Tak mudah berlaga di trek karena dibutuhkan taktik, teknik dan mental. Semua itu butuh waktu yang tidak singkat.”

Keduanya sempat menguji kemampuan dengan mengikuti kejuaraan paracycling Asia di Myanmar dan Malaysia.

Hasilnya, Dewi dan Fadli meraih emas di nomor road di the 7th Asian Road Paracycling Chamionships di Myanmar. Fadli juga mengukir prestasi di Malaysia dengan meraih perunggu di Individual Pursuit 4000 m.

“Pencapaian itu setidaknya menunjukkan mereka mampu bersaing di level Asia,” ujarnya.

Para pebalap direncanakan dikirim ke Italia untuk menjalani try out sekaligus mengikuti kejuaraan dunia paracycling. Namun hanya sembilan yang kemungkinan bisa diberangkatkan.


Editor : Imadudin Adam
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X