Tiket.com Kudus Relay Marathon 2018 Bakal Digelar di Kota Kudus

By Delia Mustikasari - Rabu, 18 Juli 2018 | 15:08 WIB
Ilustrasi atletik
ANDREAS JOVIE/BOLASPORT.COM
Ilustrasi atletik

Kota Kudus, Jawa Tengah, bakal menjadi tuan rumah lomba lari maraton bertajuk Tiket.com Kudus Relay Marathon (TKRM) 2018 pada 21 Oktober mendatang.

Sesuai dengan namanya, lomba lari maraton ini berbentuk relayatau estafet.

Relay marathon memang tergolong baru di Indonesia. Padahal, relay marathon yang juga disebut ekiden ini sudah populer di negara asalnya, Jepang, sejak seratus tahun lalu.

Ekiden pertama digelar di Jepang pada 1917. Kala itu, koran Jepang, Yomiuri Shimbun, menjadi sponsor lomba lari relay marathon tersebut yang menempuh jarak 508 km dari Kyoto ke Tokyo.

Pelaksanaan ekiden pertama itu merupakan perayaan perpindahan ibu kota Kyoto ke Tokyo.

Sejak saat itu, ekiden (relay marathon) menjadi lomba lari populer yang diselenggarakan di hampir seluruh kota di Jepang.

Salah satu ekiden yang populer adalah Hakone Ekiden. Lomba lari relay marathon ini digelar sejak 1920 dengan jarak 217,9 km dalam dua hari.

Sama seperti lomba lari maraton, ekiden juga menempuh jarak 42,195 km. Bedanya, lomba lari ini diikuti oleh tim yang biasanya diisi 4-6 orang.

Ya, sesuai namanya, relay marathon adalah estafet maraton.


Editor : Imadudin Adam
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.