Rekor Marathon Terbaik dalam 50 Tahun Sukses Dipecahkan Eliud Kipchoge

By Firzie A. Idris - Selasa, 18 September 2018 | 10:14 WIB
Pelari asal Kenya, Eliud Kipchoge, merayakan catatan waktu rekor dunia yang ia torehkan di Berlin Marathon, Minggu (16/9/2018).
JOHN MACDOUGALL / AFP
Pelari asal Kenya, Eliud Kipchoge, merayakan catatan waktu rekor dunia yang ia torehkan di Berlin Marathon, Minggu (16/9/2018).

 Pelari asal Kenya, Eliud Kipchoge, memecahkan rekor dunia lari marathon saat menyelesaikan Berlin Marathon dengan catatan 2 jam 1 menit dan 39 detik pada Minggu (16/9/2018).

Eliud Kipchoge memecahkan rekor marathon yang dipegang oleh kompatriotnya, Dennis Kimetto, dengan waktu 2 jam 2 menit 57 detik, yang ditorehkan pada 28 September 2014 juga di Berlin Marathon.

Menurut Associated Press, Eliud Kipchoge memecahkan rekor dunia dengan berlari 1 menit dan 18 detik lebih cepat dari kompatriotnya tadi.

Lompatan 78 detik tersebut merupakan yang paling jauh dalam pemecahan rekor lari marathon dunia sejak Derek Clayton, pelari asal Australia, memangkas rekor dunia dengan catatan 2 menit dan 23 detik pada 1967.

Rekor dunia ini melengkapi medali emas yang ia menangkan di Olimpiade Rio 2016 dan tiga kemenangan di London Marathon.

Di Berlin, Eliud Kipchoge berlari sangat dominan, meninggalkan para rivalnya dan berlari 17 kilometer terakhir sendirian.

"Saya tak bisa menggambarkan senangnya hari ini," ujar sang pelari seperti dikutip Juara.net dari Guardian.

"Saya memang bersiap untuk berlari sendiri sehingga tidak terkejut saya akhirnya melalui lintasan sendirian. Saya berlatih keras untuk perlombaan ini dan punya kepercayaan diri ke pelatih-pelatih saya," tuturnya.

(Baca Juga: Simson Rumah Pasal, Bek Timnas Indonesia yang Sukses Taklukkan Johan Cruyff)


Editor : Imadudin Adam
Sumber : theguardian.com, Nytimes.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.