Gowes Pesona Nusantara Edisi Manado Diikuti 3.000 Peserta

By Nugyasa Laksamana - Sabtu, 29 Juli 2017 | 21:15 WIB
Rombongan Gowes Pesona Nusantara melanjutkan perjalanan ke Kota Palembang.
AMRIZA NURSATRIA/KOMPAS.COM
Rombongan Gowes Pesona Nusantara melanjutkan perjalanan ke Kota Palembang.

Sebanyak 3.000 orang berpartisipasi pada Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 edisi Manado, Sulawesi Utara, yang dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi, Sabtu (29/7/2017).

Hal itu dikemukakan Asisten Deputi (Asdep) Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora Hamka Hendra Noer seusai ritual adat pengambilan air dan tanah suci bersama pemuka adat Bantik di Desa Bengkol, Manado.

"Di Sulut (Sulawesi Utara) ini ada dua titik (GPN). Kemarin sudah di Minahasa Utara dan sekarang di Manado. Secara formal, kegiatan gowes ini untuk mengajak masyarakat berolahraga. Di sisi lain, ada spirit nasionalisme di dalamnya," kata Hamka.

Selama setahun, GPN yang menjadi salah satu program andalan Kemenpora di bawah bendera 'Ayo Olahraga' ini melintasi 90 Kabupaten/Kota. Kegiatan ini juga sekaligus untuk mempererat semangat nasionalisme di seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Baca juga:

"Di 90 kabupaten/kota kami lakukan proses pengambilan tanah dan air sesuai dengan adat masing-masing daerah. Kali ini di Suku Bantik, Minahasa," jelas Hamka.

Menurut Hamka, GPN merupakan bagian dari pembudayaan masyarakat sehat, bugar dan ceria. Saat ini, sebagian besar masyarakat Indonesia belum memenuhi indeks tingkat kebugaran.

Berdasarkan fakta tersebut, kegiatan GPN dirasa penting untuk menyadarkan dan mengajak masyarakat Indonesia supaya giat berolahraga.

"Di sisi lain ada nilai nasionalismenya. Efek lainnya, promosi pariwisata di Manado dan nilai rekreasinya juga diharapkan bisa terangkat," ujar Hamka.

Kegiatan GPN 2017 edisi Manado dibuka dengan senam poco-poco yang dilanjutkan dengan prosesi penyerahan tanah dan air suci dari Walikota Manado ke Menpora Imam sebelum secara resmi melepas peserta.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : KEMENPORA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.