Peraih Dua Gelar Tour de France Ini Akan Segera Pensiun

By Nugyasa Laksamana - Senin, 7 Agustus 2017 | 19:13 WIB
Pebalap sepeda asal Spanyol, Alberto Contador, menghadiri acara presentasi timnya di Duesseldorf, Jerman, menjelang ajang Tour de France, 29 Juni 2017.
AFP
Pebalap sepeda asal Spanyol, Alberto Contador, menghadiri acara presentasi timnya di Duesseldorf, Jerman, menjelang ajang Tour de France, 29 Juni 2017.

Pebalap sepeda asal Spanyol yang pernah dua kali memenangi Tour de France (TdF), Alberto Contador, memutuskan untuk pensiun setelah kejuaraan Vuelta a Espana, 19 Agustus mendatang.

Contador, 34 tahun, memenangi Tour de France edisi 2007 dan 2009. Pada 2010, dia juga berhasil menjadi juara, tetapi gelar itu akhirnya dicabut karena dia diketahui menggunakan doping.

Sebagai atlet balap sepeda, Contador juga dikenal sebagai salah satu yang mampu memenangi tiga ajang Grand Tour, yaitu Tour de France, Vuelta a Espana, dan Giro d'Italia.

Baca juga:

"Saya akan berpartisipasi pada Vuelta a Espana yang akan dimulai pada 19 Agustus dan itu akan menjadi ajang terakhir saya sebagai pebalap sepeda profesional," ujar Contador dalam video yang dia unggah di Instagram.

"Ini adalah keputusan sudah saya pikirkan dengan matang. Saya pikir tidak ada perpisahan yang lebih baik dari balapan di negara saya sendiri," ucap dia.

 

Gracias a tod@s! Thanks to all!

Sebuah kiriman dibagikan oleh Alberto Contador (@acontadoroficial) pada

Contador mengawali kariernya sebagai pebalap sepeda profesional pada 2003. Ia pernah dijatuhi sanksi karena menggunakan doping jenis steroid pada TdF 2010.

Saat itu, Contador beralasan bahwa urine-nya mengandung doping karena telah memakan daging steak yang terkontaminasi.

Contador kemudian menjalani hukuman selama lima bulan 19 hari. Ia baru kembali aktif mengikuti balap sepeda pada Agustus 2012.

Sepanjang kariernya, Contador memenangi tujuh gelar Grand Tour dan pernah mendapatkan penghargaan Velo d'Or sebanyak empat kali.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : Instagram/acontadoroficial


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X