TOPIK TERPOPULER
Bek Chelsea, Marcos Alonso, merayakan gol saat melawan Everton dalam laga lanjutan Premier League 2016-2017 di Stadion Stamford Bridge, London, pada 5 November 2016.
JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES
Bek Chelsea, Marcos Alonso, merayakan gol saat melawan Everton dalam laga lanjutan Premier League 2016-2017 di Stadion Stamford Bridge, London, pada 5 November 2016.

Marcos Alonso, Gelar Master Defensif

JUARA.net - Relatif tanpa gegap gempita saat bergabung ke Chelsea, Marcos Alonso kini menjadi bagian vital dari kebangkitan Chelsea di bawah Antonio Conte.

Penulis: Hizrian Maladzan/Rizki Indra Sofa

Menjelang deadline day transfer bulan Januari 2011, Fernando Torres mendapatkan sorotan khusus. Mulai dari kedatangannya di Stamford Bridge hingga proses penandatanganan kontrak bersama tim The Blues.

Pada saat yang sama seorang bek muda juga dikontrak Chelsea dengan sorotan yang jauh lebih minim.

Bek muda itu adalah David Luiz. Performa kedua pemain itu akhirnya berbanding terbalik dengan sorotan awal yang mereka dapatkan.

Lima tahun berselang, hal itu berulang. David Luiz menjadi "Torres" baru dan Alonso di posisi "David Luiz".

Alonso datang ke Chelsea dengan banderol 23 juta poundsterling.

Namun, kedatangan Alonso bukan berita besar. Sorotan utama justru didapatkan Luiz, yang kembali ke Chelsea setelah merumput di Ligue 1 bersama PSG.

Pembuktian menjadi senjata Alonso. Sejak melakukan debut pertamanya di Piala Liga melawan Leicester City dan debut Premier League melawan Arsenal, status Alonso naik menjadi pilihan utama.

Bekas pemain Real Madrid ini mengaku tingkat kematangannya adalah berkat pengalaman bermain di Italia saat membela Fiorentina.

Alonso bahkan menganalogikan Liga Italia sebagai universitas buat menempuh jenjang master, terutama di pertahanan.

"Serie A adalah universitas untuk pemain bertahan. Setelah ke universitas, Anda bisa meraih gelar master. Saya pikir sebagai seorang pemain bertahan, sangat penting untuk merumput di Italia," kata Alonso.

"Liga Italia sangat kompetitif. Hampir semua tim sempurna dalam hal taktik. Sebagai tambahan, klub-klub juga menjaga sekali kondisi fisik pemain. Saya merasa bergabung ke Chelsea sebagai seorang master defensif,” tutur pemain Spanyol tersebut.

Marcos Alonso.
Marcos Alonso.
ILUSTRASI: M. NASIR

TOPIK :

Komentar