Tunggal Putra Indonesia Ditargetkan Tembus 20 Besar Dunia Sebelum 2020

By Minggu, 12 Februari 2017 | 09:17 WIB
Anthony Sinisuka Ginting, peringkat 36 dunia.
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET
Anthony Sinisuka Ginting, peringkat 36 dunia.

Indonesia telah sukses mengembalikan tradisi emas bulu tangkis melalui pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pada Olimpiade Rio 2016.

Penulis: Aprelia Wulansari

Sebelumnya, bulu tangkis gagal membawa pulang medali emas, bahkan nihil medali pada Olimpiade London 2012. Catatan di Inggris itu mengakhiri tradisi emas Indonesia yang sudah berlangsung sejak Olimpiade Barcelona 1992.

Karena itu, menuju Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, Indonesia terus memupuk benih untuk kembali meraih medali. Bukan hanya dari nomor ganda, melainkan juga dari nomor tunggal.

Skuat tunggal putra pelatnas yang berisi para pemain muda yakni Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Sinisuka Ginting, Muhammad Bayu Pangisthu, Firman Abdul Kholik, Panji Ahmad Maulana, dan Krisna Adi Nugraha dipastikan menjadi pemain masa depan Indonesia.

Sekjen PBSI Achmad Budiharto pernah menyatakan bahwa para pemain muda ini merupakan masa depan Indonesia untuk bisa berbicara di Olimpiade.

Dari tujuh keping medali emas Indonesia di Olimpiade, dua di antaranya berasal dari tunggal putra yakni diraih Alan Budikusuma pada Olimpiade Barcelona 1992 dan Taufik Hidayat pada Olimpiade Athena 2004.

Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan selanjutnya diharapkan bisa mengikuti jejak Alan dan Taufik.

Demi meraih hasil tersebut, skuat pelatnas ditargetkan bisa menembus peringkat 20 besar dunia dan berhasil menjadi finalis dalam turnamen internasional tahun ini.

"Saya ingin mereka semua masuk peringkat 20 besar tahun ini. Latihan mereka juga semakin ditingkatkan tahun ini. Apalagi, skuat utama dan pratama telah dipisah. Jadi, kami bisa lebih fokus," ucap Hendry Saputa, pelatih kepala tunggal putra pelatnas.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.741


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.