Jonatan Christe: Istora Tidak Angker

By Verdi Hendrawan - Kamis, 25 Januari 2018 | 00:33 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berupaya mengembalikan shuttlecock yang dilepas sang lawan, Son Wan-ho (Korea Selatan), pada babak kesatu turnamen Indonesia Masters 2018.
GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.COM
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berupaya mengembalikan shuttlecock yang dilepas sang lawan, Son Wan-ho (Korea Selatan), pada babak kesatu turnamen Indonesia Masters 2018.

Bagi sebagian orang, Istora Senayan merupakan venue yang "angker" bagi para pebulu tangkis Indonesia. Namun, tidak bagi pebulu tangkis tunggal putra nasional Tanah Air, Jonatan Christie.

 

Jonatan memang gagal melewati babak kesatu turnamen Indonesia Masters 2018 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta. Akan tetapi, menurut dia kegagalan tersebut bukan lantaran Istora "angker".

"Mungkin setiap atlet Indonesia tidak pernah menilai bahwa Istora adalah tempat yang angker. Namun, karena bermain di kandang sendiri dan memiliki keinginan untuk menang lebih besar, mungkin hal ini yang menjadi blunder," ucap Jonatan.

"Saya pribadi juga tidak pernah memiliki ketakutan tersendiri bermain di Istora, tetapi karena keinginan menang yang terlalu besar itu yang membuat saya sering lupa dengan strategi dan pola bermain," tutur Jonatan Christie lagi.

(Baca Juga: Undian Liga Negara Eropa 2018-2019, Begini Sistem Promosi-Degradasi Timnas Eropa)

Dalam beberapa tahun terakhir, prestasi para atlet bulu tangkis Indonesia seakan melempem setiap kali bertanding di Istora Senayan yang kerap menjadi venue turnamen bulu tangkis prestisius di Tanah Air.

Jika menilik sejarah turnamen Indonesia Open -yang kini naik level ke Premier of Premier- yang digelar di Istora, jarang sekali ada atlet bulu tangkis nasional yang mampu unjuk gigi dalam beberapa tahun terakhir.

Tercatat, sejak 2009 hingga 2016 pada gelaran tersebut, hanya Simon Santoso (tunggal putra, 2012) dan pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra, 2013) yang mampu menjadi juara di hadapan pendukung sendiri.

Padahal, prestasi atlet-atlet bulu tangkis Indonesia saat berlaga di luar negeri bisa dikatakan jauh lebih baik.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.