Pemain yang Mangkir dari Turnamen BWF Bakal Didenda 5.000 Dolar AS

By Any Hidayati - Rabu, 14 Februari 2018 | 16:36 WIB
Viktor Axelsen (kanan) dan Lee Chong Wei (kiri) berpose di podium BWF Superseries Finals 2017, Minggu (17/12/2017).
BADMINTONPLANET.COM
Viktor Axelsen (kanan) dan Lee Chong Wei (kiri) berpose di podium BWF Superseries Finals 2017, Minggu (17/12/2017).

Sejumlah regulasi baru yang diterapkan Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) mulai kalender kompetisi 2018 membuat para pemain top dunia terikat dengan hal-hal anyar.

Salah satunya mengenai jumlah minimal turnamen yang harus diikuti sepanjang 2018.

Berdasarkan regulasi baru BWF, setiap pemain yang menduduki posisi 15 besar untuk sektor tunggal dan 10 besar untuk sektor ganda wajib mengikuti setidaknya 13 turnamen setahun.

Ke-13 turnamen itu terbagi dari delapan turnamen level Super 1000 dan 750, empat turnamen level Super 500, dan turnamen World Tour Finals, jika masuk dalam daftar undangan.

(Baca Juga: Max Verstappen Bisa Unggul dari Lewis Hamilton Jika Syarat Ini Terpenuhi)

Jika pemain mangkir dari turnamen maka BWF tak segan untuk mengeluarkan hukuman. Pemain yang mangkir dari turnamen akan didenda 5.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 68,19 juta per pertandingan (kurs 1 dolar AS senilai Rp 13.638).

Meski telah disahkan oleh BWF, peraturan mengenai jumlah minimal turnamen yang harus pemain ikuti masih menjadi perdebatan.

(Baca Juga: Pebalap Italia Tampil Dominan pada Tes Pramusim Moto2 dan Moto3 di Jerez)

Beberapa pemain di antaranya Lee Chong Wei (Malaysia) dan Viktor Axelsen (Denmark) mengaku keberatan dengan jumlah turnamen yang harus mereka ikuti.

Meski demikian, rangkaian turnamen World Tour di bawah BWF telah dimulai pada Thailand Masters 2018 yang berlangsung 9-14 Januari lalu.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.