TOPIK TERPOPULER
 Pasangan ganda putra Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berpose di podium setelah menjad runner-up pada Indonesia Masters 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (28/1/2018).
BADMINTON INDONESIA
Pasangan ganda putra Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berpose di podium setelah menjad runner-up pada Indonesia Masters 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (28/1/2018).

Indonesia Diyakini Akan Kesulitan Mencari Pengganti Liliyana Natsir

JUARA.NET - Pelatih ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky, memprediksi bahwa bulu tangkis Indonesia akan kesulitan mencari pengganti Liliyana Natsir.

Liliyana atau yang kerap disapa Butet telah mencanangkan Asian Games sebagai bakti terakhirnya untuk Indonesia.

Sebenarnya, Butet telah mengutarakan keinginan gantung raket setelah meraih medali emas Olimpiade Rio 2016 lalu.

Namun, keinginan itu ditunda karena target pribadi Butet untuk meraih medali emas Asian Games yang dilangsungkan di Indonesia. 

(Baca Juga: Tyson Fury: Saya Terlalu Berbakat untuk Anthony Joshua)

"Kalau dilihat dari kemampuan bermain, seharusnya Butet masih mampu bertahan hingga dua tahun mendatang. Namun karena cederanya juga cukup berat, ia menguatkan diri untuk memenuhi harapan terakhir di Asian Games," kata Richard dilansir BolaSport.com dari Kompas.com.

Menurut Richard jika setelah Asian Games 2018 Liliyana benar-benar gantung raket, maka Indonesia akan kesulitan menemukan penggantinya.

Sebenarnya, jauh-jauh hari pelatnas telah menyiapkan pengganti untuk Butet.

"Dulu kami pernah mengharapkan jejak Tontowi Ahmad dan Liliyana bisa digantikan oleh Praveen Jordan dan Debby Susanto. Terlebih karena sebagai pemain, Debby memiliki kualitas seperti Butet, yakni disipin tinggi, mau bekerja keras, dan tekniknya pun komplet," ujar Richard.

Namun, Richard menyayangkan harapan yang tinggi kepada Debby akhirnya pupus karena tidak diimbangi oleh pasangannya.

"Sayang Praveen Jordan terlalu cepat puas diri setelah menjadi juara All England Open. Setelah itu latihannya jadi tidak disiplin lagi. Kemampuan Praveen pun tidak bisa keluar," tutur Richard.

(Baca Juga: Kisah Huang Hua 2: Mantan Rival Susy Susanti dari China yang Putuskan Jadi WNI karena Jatuh Cinta dengan Pria Klaten)

"Dalam posisi ini akan sulit bagi Debby yang sebenarnya sudah berkomitmen menunda rencana pernikahan hingga usai Asian Games," lanjut Richard.

Kini, menjelang Asian Games yang hanya tingga beberapa bulan lagi, Richard berharap Liliyana bersama Tontowi bisa memenuhi target untuk mendapat emas.

"Kami akan melihat sekali lagi performa Owi/Butet di ajang Indonesia Open. Tetapi saya yakin, Owi/Butet punya passion yang tinggi untuk menjadi juara Asian Games di kandang sendiri," tutur Richard lagi dengan nada optimistis.

TOPIK :

Komentar