TOPIK TERPOPULER
Pengembang aplikasi Duta Suporter Indonesia, Enda Nasution, memberi penjelasan pada peluncuran di Jakarta, Selasa (10/7/2018).
LARIZA OKY ADISTY/BOLASPORT.COM
Pengembang aplikasi Duta Suporter Indonesia, Enda Nasution, memberi penjelasan pada peluncuran di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Aplikasi Duta Suporter Indonesia Diluncurkan oleh Kemenkominfo

JUARA.NET - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Indonesia meluncurkan aplikasi Duta Suporter Indonesia di Jakarta, Selasa (10/7/2018). Aplikasi ini dibuat sebagai bentuk dukungan terhadap Asian Games 2018.

Dalam acara peluncuran yang dihadiri BolaSport.com, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Niken Widiastuti, mengatakan bahwa ide ini datang dari Menteri Kominfo, Rudiantara.

"Asian Games bukan acara punya Jakarta dan Palembang yang menjadi kota penyelenggara, melainkan untuk seluruh masyarakat," ujar Niken.

"Untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat, Pak Rudiantara punya ide untuk aplikasi Duta Suporter Indonesia," katanya.

(Baca juga: Ketika Timnas Inggris Baru Sampai Semifinal Piala Dunia 2018, Three Lions Sudah Nomor Satu) 

Ide aplikasi ini juga didasarkan fakta bahwa sebanyak 53 persen masyarakat Indonesia adalah pemilik gawai dan pengguna internet.

Demi mewujudkan ide tersebut, Kemenkominfo menggandeng Enda Nasution dari Suvarna.ID untuk mengembangkan aplikasi serta program Duta Suporter Indonesia.

(Baca juga: Cetak Gol Pertama di Liga Thailand, Yanto Basna Katakan 'Siap' ke Luis Milla)

Aplikasi ini mengajak masyarakat dari ke-34 provinsi di Indonesia untuk mencalonkan diri sebagai calon duta suporter.

Nantinya, para calon duta suporter ini akan diberi tugas yang berhubungan dengan Asian Games, pemenang akan ditentukan lewat voting.

(Baca juga: Laga Tak Menentukan Laos Vs Filipina di Piala AFF U-19 2018, Hasilkan Sembilan Gol dan Tiga Kartu Merah)

Tiap provinsi akan memiliki dua duta suporter, satu laki-laki dan satu perempuan.

Mereka inilah yang akan mendapat undangan bersama menghadiri pembukaan Asian Games di Jakarta pada 18 Agustus 2018.

(Baca juga: Hasil Laga Liga 2 Wilayah Timur, Senin (9/7/2018), Madura FC Menang dan Mantap di Puncak, PSIM Pesta di Lumajang)

"Bakal ada 8 tugas alias 2 tugas per minggu. Tugas yang akan diberikan beragam, mulai dari tugas menulis, hingga membuat foto atau video," kata Enda Nasution yang turut hadir dalam acara ini.

"Para calon duta suporter bisa menginformasikan soal misi mereka ke teman-teman agar mereka memvoting."

Enda berharap peminat aplikasi ini bisa semakin meningkat seiring mendekatnya pembukaan Asian Games 2018.

(Baca juga: Okto Maniani Bersinar dan Perserang Menang, saat Persita Tersungkur di Rembang)

"Saat ini, sudah ada 10.000 pendaftar dan informasinya juga sudah menjangkau 3 juta pengguna sosial media di Indonesia. Semoga sampai pelaksanaan Asian Games 2018 peminatnya bisa lebih banyak," tutur Enda melanjutkan.

Direktur Komunikasi Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc), Elwin Mok, menyambut positif kehadiran aplikasi Duta Suporter Indonesia.

"Dari Inasgoc merasa terbantu dengan aplikasi ini. Sebagai panitia Asian Games 2018 kadang kami tidak bisa terus-menerus mendukung Indonesia, padahal membangun dukungan masyarakat itu penting. Duta Suporter Indoensia ini positif untuk membangun kesadaran," ujar Elwin.

 

TOPIK :

Komentar