Lee Chong Wei: Saya Tidak Pernah Gunakan Doping!

By Peksi Cahyo Priambodo - Selasa, 11 November 2014 | 05:00 WIB
Lee Chong Wei, tengah alami masa sulit.
PORNCHAI/AFP/getty Images
Lee Chong Wei, tengah alami masa sulit.

harap cemas menanti vonis dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Chong Wei resmi dinyatakan positif menggunakan doping setelah uji sampel B urinenya diuji di Oslo, Norwegia. Menurut pengumuman resmi BWF, urine Chong Wei positif mengandung Dexamethasone.

Dexamethasone merupakan salah satu jenis dari steroid yang biasa digunakan untuk memulihkan kondisi tubuh yang cedera. Kandungan Dexamethasone ini tidak berfungsi untuk meningkatkan performa fisik pemain.

Kabarnya, Chong Wei memang kerap meminum suplemen saat ia menjalani masa rehabilitasi usai mengalami cedera berat Agustus lalu. Upaya ini dilakukan untuk mempersingkat masa penyebuhan, bukan untuk stamina.

Setelah lama bungkam, Chong Wei akhirnya angkat bicara melalui sosial media Facebook dan Twitter. Pemain 32 tahun itu menegaskan bahwa dia tidak pernah memakai doping dan selalu berusaha menjunjung tinggi sportivitas.

"Saya ingin berterima kasih kepada kalian semua yang tetap mendukung saya dalam melewati masa-masa yang berat ini. Banyak pertanyaan tak terjawab dan saya tengah berusaha membersihkan nama saya," tulis Chong Wei.

Akibat tuduhan ini, Chong Wei terancam mendapat hukuman larangan tampil selama dua tahun. Jika hukuman ini terealisasi, Chong Wei tidak akan bisa mewujudkan ambisinya meraih meali emas Olimpiade Rio Brasil 2016.


Editor : Tulus Muliawan
Sumber : Reuters


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X