Dilarang Main Dua Tahun, Sharapova Ajukan Banding

By Lariza Oky Adisty - Kamis, 9 Juni 2016 | 04:00 WIB
Petenis Rusia, Maria Sharapova ketika tampil pada babak semifinal  di turnamen BNP Paribas WTA Finals di Singapore Sports Hub, Sabtu (31/10/2015).
CLIVE BRUNSKILL/GETTY IMAGES
Petenis Rusia, Maria Sharapova ketika tampil pada babak semifinal di turnamen BNP Paribas WTA Finals di Singapore Sports Hub, Sabtu (31/10/2015).

Petenis asal Rusia, Maria Sharapova (29), berencana mengajukan banding atas larangan bermain dua tahun yang diberikan oleh Federasi Tenis Internasional (ITF). 

ITF memberi sanksi tersebut menyusul hasil tes doping pada 26 Januari 2016 yang menyatakan Sharapova mengonsumsi zat meldonium.

Panel independen yang ditunjuk oleh ITF mengatakan bahwa Sharapova mengonsumsi meldonium bukan untuk sengaja berbuat curang.

Namun, ketiga anggota panel tersebut sepakat bahwa Sharapova tetap wajib mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Sharapova tidak tinggal diam. Dalam pernyataan resminya, petenis yang memenangi dua gelar Prancis Terbuka tersebut mengatakan bahwa keputusan ITF terlalu berat.

"Kesimpulan bahwa saya tidak dengan sengaja melanggar aturan anti-doping memang benar, tetapi saya tidak bisa menerima hukuman larangan bermain dua tahun tersebut," kata Sharapova.

Dia pun berniat mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase untuk Olah Raga (CAS).

"Anggota panel yang ditunjuk ITF sepakat bahwa saya tidak melakukan kesalahan dengan sengaja. Namun, mereka tetap melarang saya bermain tenis selama dua tahun. Saya akan segera mengajukan banding ke CAS," tutur Sharapova.

Hukuman untuk Sharapova berlaku sejak 26 Januari 2016, tanggal yang sama ketika dia melakukan tes doping setelah bertanding di babak 8 Besar Australia Terbuka.

Hasil tes menunjukkan bahwa Sharapova mengonsumsi meldonium, zat yang masuk ke dalam daftar zat terlarang oleh WADA sejak awal 2016.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : AP


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.