Liga Super China Akan Ubah Kebijakan soal Pemain Asing

By Nugyasa Laksamana - Minggu, 25 Desember 2016 | 08:30 WIB
Gelandang asal Brasil, Oscar, resmi bergabung ke klub Liga Super China, Shanghai SIPG.
Dok. @TheAFCCL
Gelandang asal Brasil, Oscar, resmi bergabung ke klub Liga Super China, Shanghai SIPG.

Liga Super China akan memberlakukan kebijakan baru terkait perekrutan pemain asing. Terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi keputusan tersebut.

Asosiasi Sepak Bola China (CFA) telah mengeluarkan rancangan usulan untuk memangkas jumlah maksimum pemain non-Asia terhadap seluruh klub peserta.

Saat ini, setiap klub diperbolehkan untuk merekrut empat pemain asing, ditambah satu pemain non-China dari Asia. Sistem itu lebih dikenal sebagai 4+1.

CFA berharap dapat memberlakukan peraturan baru, yakni menjadi tiga pemain asing plus satu pemain Asia non-China (atau menjadi 3+1).

Rencana peraturan yang akan diajukan CFA ini sebetulnya sejalan dengan yang diterapkan oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC).

Belakangan ini, sepak bola China memang menyita perhatian karena kedatangan sejumlah pesepak bola papan atas dunia.

"Kedatangan pemain papan atas tak diragukan lagi akan meningkatkan standar liga dan menarik banyak penonton. Namun, hal itu juga akan menambah beban keuangan klub dan mengurangi kesempatan talenta pemain lokal," demikian pernyataan resmi CFA.

"Demi pembangunan jangka panjang klub profesional di China, pihak asosiasi ingin membuat sistem berdasarkan persyaratan keuangan untuk klub dan menerapkan penyesuain pada kuota pemain asing."

Teranyar, pemain bintang yang memutuskan hijrah ke Negeri Tirai Bambu adalah Oscar. Eks gelandang Chelsea itu bergabung ke Shanghai SIPG dengan baderol mencapai 60 juta poundsterling (Rp 990,2 miliar).

Penyerang Boca Juniors yang pernah memperkuat Juventus dan Manchester United, Carlos Tevez, juga sedang mempertimbangkan untuk berkarier di Liga Super China.


Editor : Estu Santoso
Sumber : CFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.