Pajak Tinggi Bisa Hambat Transfer Costa ke China

By Jalu Wisnu Wirajati - Selasa, 20 Juni 2017 | 08:28 WIB
Selebrasi penyerang Chelsea, Diego Costa, saat membobol gawang Southampton pada lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, Selasa (25/4/2017).
GLYN KIRK/AFP
Selebrasi penyerang Chelsea, Diego Costa, saat membobol gawang Southampton pada lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, Selasa (25/4/2017).

 Isu transfer Diego Costa ke Liga Super China (CSL) bisa saja meredup. Hal itu tak lepas dari usulan Asosiasi Sepak Bola China (CFA) untuk menerapkan pajak tinggi untuk pembeliam pemain asing. 

Usulan itu adalah penetapan pajak 100 persen untuk setiap pembelian pemain asing pada bursa transfer musim dingin yang dibuka mulai Senin (19/6/2017).

Dilansir dari BBC, pajak itu akan dikenakan kepada klub-klub yang belanja pemain baru. Pajak itu nanti akan disetor ke pemerintah.

Penetapan ini jelas akan berpengaruh besar pada strategi klub dalam belanja pemain. Dengan adanya pajak 100 persen, sebuah klub akan membeli seorang pemain dengan harga dua kali lipat.

Pada bursa transfer lalu, Shanghai SPG memecahkan rekor dengan membeli Oscar dari Chelsea senilai 60 juta poundsterling. Dia menjadi pemain termahal di CSL.

"Klub-klub China hanya melakukan proyek 'membakar' uang," demikian keterangan resmi Badan Pemerintah Keolahragaan China pada Januari lalu.

Baca Juga:

Sebelumnya, CFA sudah melakukan pembatasan penggunaan pemain. Hanya tiga pemain non-China yang boleh dimainkan berbarengan dalam sebuah laga.

Untuk musim depan, para pelatiih klub CSL juga bakal diwajibkan memasang pemain U-23 dengan jumlah yang sama dengan pemain asing di lapangan.

Usulan-usulan tersebut diharapkan akan bisa mengerem nafsu belanja klub-klub CSL yang pada bursa transfer musim dingin lalu menghabiskan 331 juta poundsterling.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.