All Spanish Final Tercipta di Liga Europa

By Husein Noval - Jumat, 27 April 2012 | 04:02 WIB
Athletic Bilbao, susah payah singkirkan Sportig Lisbon.
Getty Images
Athletic Bilbao, susah payah singkirkan Sportig Lisbon.

lawannya pada semifinal leg kedua, Jumat (27/4).

Atletico sukses menyingkirkan wakil La Liga lainnya, Valencia dengan agregat 5-2. Radamel Falcao cs. merebut kemenangan 1-0 di Mestalla dalam leg kedua.

Bermodalkan kemenangan 4-2 di leg pertama, Atletico bermain tenang sejak awal. Meski lebih banyak tertekan, namun anak asuh Diego Simeone tidak panik.

Memasuki paruh kedua Valencia tetap tak mampu membongkar lini belakang Atletico, sebaliknya Ateletico mampu mencuri gol di menit ke-60 melalui Adrian.

Atletico dipaksa main dengan 10 pemain menyusul kartu merah yang diberikan pada Thiago di menit ke-79, meski begitu Atletico mampu mempertahankan kemenangan hingga duel usai.

***

Di waktu bersamaan, Bilbao juga sukses memastikan langkahnya ke final. Menjamu wakil Portugal, Sporting Lisbon, di Stadion San mames, Fernando Llorente cs. menang 3-1. Dengan demikian Bilbao lolos dengan angka aggregat 4-3.

Bilbao membuka kemenangan di menit ke-17. Memanfaatkan umpan dada Llorente, Markel Susaeta sukses menjebol gawang Sporting melalui tendangan voli.

Sporting kemudian bangkit. Perlahan mereka mampu mengambil alih jalannya permainan. Terus menekan, Sporting akhirnya sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Ricky van Wolfswinkel di menit ke-44. Akan tetapi euforia tim tamu tak berlangsung lama. Hanya berselang satu menit Bilbao kembali unggul 2-1. Kali ini gol dicetak oleh Inai Gomez.

Memasuki babak kedua Bilbao jauh lebih dominan. Anak asuh Marcelo Bielsa menguasai jalannya laga hampir sepanjang 45 menit kedua. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang hanya dua menit jelang bubaran. Adalah Llorente yang menjadi penentu lolosnya Bilbao ke final usai berhasil menyelesaikan kemeulut di depan gawang Sporting.

Final Liga Europa antara Atletico vs Bilbao akan digelar di Stadion Arena Nationalin di kota Bucharest, Rumania pada tanggal 9 Mei mendatang.


Editor : Husein Noval


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X