Liga Super China Kalahkan Premier League

By Anju Christian Silaban - Kamis, 28 Januari 2016 | 17:21 WIB
Ekspresi gelandang Chelsea, Ramires, setelah gagal mengeksekusi penalti melawan New York Red Bulls di International Champions Cup di Red Bull Arena, 22 Juli 2015.
ELSA / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP
Ekspresi gelandang Chelsea, Ramires, setelah gagal mengeksekusi penalti melawan New York Red Bulls di International Champions Cup di Red Bull Arena, 22 Juli 2015.

 Liga Super China telah mengungguli Premier League. Bukan karena pamor atau kualitas, melainkan lantaran uang yang digelontorkan pada bursa transfer Januari 2016.

Ini tak lepas dari kedatangan Ramires ke Jiangsu Suning dan Fredy Guarin ke Shanghai Shenhua, Rabu (27/1/2016). Apabila ditotal, banderol untuk kedua pemain mencapai 41 juta euro (sekitar Rp 621,1 miliar).

Satu hari sebelumnya, Selasa (26/1/2016), Hebe China Fortune menebus Gervinho dari AS Roma dengan mahar 18 juta euro.

Dengan begitu, seluruh kontestan Liga Super China sudah menggelontorkan 149,4 juta euro (sekitar Rp 2,26 triliun) hingga 28 Januari 2016. Jumlah ini melampaui total belanja tim-tim Premier League yang cuma mencapai 149,2 juta euro.

Sepak bola China memang tengah memamerkan kekuatan finansialnya. Tak cuma kontestan Liga Super China, peserta Divisi Satu China juga berani menghamburkan uang.

Total pengeluaran untuk 16 klub kasta kedua China tersebut sudah mencapai 47,4 juta euro. Dengan kata lain, mereka melampaui kemampuan belanja 18 kontestan Bundesliga.


Perbandingan belanja lima liga pada bursa transfer Januari 2016. (ANDREAS JOEVI/JUARA.net)


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : transfermarkt


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X