Jelang Piala Dunia 2018, Tuan Rumah Terpuruk

By Verdi Hendrawan - Senin, 18 Juli 2016 | 23:36 WIB
Para pemain Rusia berfoto bersama jelang pertandingan Grup B Piala Eropa 2016 menghadapi Wales di Stadion Municipal, Toulouse, Prancis, pada 20 Juni 2016.
DENNIS GROMBKOWSKI/GETTY IMAGES
Para pemain Rusia berfoto bersama jelang pertandingan Grup B Piala Eropa 2016 menghadapi Wales di Stadion Municipal, Toulouse, Prancis, pada 20 Juni 2016.

Rusia saat ini tengah mengalami keterpurukan jika berkaca pada peringkat FIFA. Bahkan, persiapan tim nasional Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 masih belum jelas dalam dua tahun ke depan.

Pada Juli 2016, peringkat Rusia kembali terperosok. Hal ini juga dipengaruhi oleh nirprestasi tim arahan pelatih Leonid Viktorovich Slutsky itu pada Piala Eropa 2016.

Rusia hanya mampu meraih satu poin setelah menahan imbang Inggris 1-1 pada laga pembuka fase Grup B Piala Eropa 2016. Dua pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan dari Slovakia (1-2) dan Wales (0-3).

Baca Juga:

Sepanjang 2016, Rusia telah memainkan tujuh pertandingan dan hanya meraih satu kemenangan dari Lithuania pada laga uji coba. Sedangkan dua laga lainnya berakhir dengan kekalahan dan sisanya imbang.

Hal ini memengaruhi posisi mereka pada daftar ranking FIFA. Rusia kini turun 9 anak tangga dan menghuni posisi ke-38 dunia. Ranking ini adalah terburuk kedua sepanjang sejarah Tim Beruang Merah setelah pada 1998 lalu sempat menyentuh posisi ke-40 dunia.


Grafik Rusia di rangking FIFA dari tahun ke tahun.(DOK FIFA.COM)

Rusia berada di belakang negara-negara yang tidak memiliki sejarah panjang di dunia sepak bola, seperti Islandia (peringkat ke-22), Kosta Rika (27), Bosnia Herzegovina (29), hingga Albania (37).

Posisi terbaik yang pernah dihuni Rusia adalah posisi ke-5 dunia pada 1995. Rusia sempat bangkit dan menduduki posisi ke-9 pada 2012, tetapi kini mengalami penurunan signifikan.

Meskipun peringkat FIFA tidak dapat menjadi ukuran kualitas sebuah negara, tetapi hal ini menunjukan fakta bahwa saat ini sepak bola Rusia tengah salah urus.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Russianfootballnews.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X