Arnold Kruiswijk, Pemegang Dua Rekor Tak Diinginkan di Eredivisie

By Dian Savitri - Selasa, 31 Januari 2017 | 22:39 WIB
Arnold Kruiswijk ketika masih berseragam SC Heerenveen, menghadapi Ajax Amsterdam di Amsterdam Arena, 14 Agustus 2011.
Anoek de Groot/Getty Images
Arnold Kruiswijk ketika masih berseragam SC Heerenveen, menghadapi Ajax Amsterdam di Amsterdam Arena, 14 Agustus 2011.

Perkenalkan Arnold Kruiswijk. Barangkali belum banyak yang dengar nama bek kiri berdarah Belanda yang bermain di Vitesse Arnhem sejak 2014 itu. Pemain kelahiran Groningen, 2 November 1984 itu punya dua rekor unik, yang sebenarnya tidak ingin dimiliki oleh siapa pun, di Eredivisie, liga teratas sepak bola Belanda.

Yang pertama, pada 10 September 2006, ketika masih bermain untuk klub kota kelahiran, Groningen, Kruiswijk sukses membuat gol ke gawang sendiri dalam waktu hanya sembilan detik sejak kick-off.

Itu menjadi gol bunuh diri tercepat di Eredivisie, belum terpecahkan hingga saat ini.

Agaknya, Kruiswijk memang tidak diberi keahlian untuk membuat gol. Per 29 Januari lalu, Kruiswijk berhasil melampaui rekor yang dibuat oleh John Veldman, eks bek PSV, Vitesse, dan Ajax. Sekarang, Veldman sudah berusia 48 tahun.

Rekor yang dibuat oleh Kruiswijk adalah ia bermain selama 25.127 menit tanpa membuat satu gol pun. Supaya lebih bisa dibayangkan, angka itu bisa diterjemahkan menjadi 418 jam dan 47 menit.

Bahkan, Kruiswijk belum pernah membuat gol di sepanjang kariernya di Eredivisie, yang dimulai pada 2001 bersama Groningen.

Baca Juga:

Ia berada di klub itu hingga 2008, dan kemudian pindah ke Anderlecht (2008-2010), dipinjamkan ke Roda JC Kerkrade pada 2010, pindah ke SC Heerenveen pada 2010 hingga 2014, dan terakhir berada di Vitesse.

Meski demikian, Kruiswijk punya banyak pengalaman. Pemain bertinggi 182 cm itu menjadi bagian dari Belanda U-21 yang memenangi Piala Eropa Junior 2010. Skuat Belanda U-21 itu diperkuat antara lain oleh Klaas-Jan Huntelaar, Ron Vlaar, dan Michel Vorm.

Setahun kemudian, Kruiswijnk sukses mempertahankan gelar itu, bersama Ryan Babel, Royston Drenthe, dan Tim Krul. Pada semifinal melawan Inggris yang harus dilalui dengan adu penalti, Kruiswijk pun gagal melakukannya.

Seperti sudah diduga, 25 kali penampilannya bersama Belanda U-21 juga dilalui Kruiswijk tanpa sekali pun membuat gol.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : The Dream Team FC Online


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.